Panduan Wisata Bangka Belitung 2024, Simak Sebelum Liburan!

Panduan Wisata Bangka Belitung 2024, Simak Sebelum Liburan! – Mengapa panduan sebelum berwisata ke Bangka Belitung menjadi begitu penting?

Permata tersembunyi ini bernama Bangka Belitung atau yang biasa disebut juga sebagai “Babel”. Kearifan alam Indonesia ini menawarkan kamu sensasi berlibur di pantai-pantainya yang cantik, wisata Sejarah yang antik, sekaligus menikmati keindahan bebatuan granit yang seringkali dijumpai di sepanjang pantainya dan konon berusia ratusan tahun lamanya.

Sebut saja Pantai Tanjung Tinggi dengan bebatuan granitnya yang menjulang tinggi, Pantai Jerangkat dengan bebatuan granit berusia 250 tahun, dan juga kenikmatan makanan khasnya, seperti mie koba dan dendeng sotong.

Untuk itu, liburan ke Bangka Belitung menjadi agenda yang menarik dan memang perlu kamu persiapkan dengan mengikuti panduan yang jelas sebelum dan selama berwisata. Terutama buat kamu yang masih seringkali khawatir kalau bepergian jauh!

Berikut ini Panduan Wisata Bangka Belitung tahun 2024 yang semoga bisa bantu kamu liburan lebih pede di Bangka Belitung! Check this out!

Panduan Wisata Bangka Belitung Tahun 2024 Khusus Buat Kamu!

  • Panduan Wisata Bangka Belitung: Bagaimana Cara Pergi ke Bangka Belitung?

Jakarta to Pangkal Pinang

Liburan ke Bangka Belitung dari Ibukota Jakarta memang paling cepat kalau kamu perginya naik pesawat terbang nih Sobat Indahnesia!

Dari Jakarta, kamu bisa pergi ke Bandara Depati Amir di Bangka Tengah dengan menaiki beberapa maskapai yang menerima rute tersebut.

Beberapa maskapai penerbangan dengan rute perjalanan Jakarta (JKT) to Pangkal Pinang (PGK), antara lain:

  • Super Air Jet dengan harga tiket penerbangan (pada saat artikel ini terbit) mulai dari 985.000 rupiah
  • Lion Air dengan harga tiket mulai dari 995.000 rupiah
  • Citilink Indonesia dengan harga tiket mulai dari 1.042.000 rupiah
  • Batik Air mulai dari 998.900 rupiah
  • Dan Sriwijaya Air dengan harga tiket mulai dari 990.000 untuk kelas ekonomi

Untuk harga tiket pesawat dari Jakarta menuju ke Pangkal Pinang sebenarnya berbeda-beda tergantung musim dan bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Dalam 1 hari, penerbangan dengan rute Jakarta-Pangkal Pinang sendiri terdapat 4 sampai 15 kali penerbangan. Kamu bisa selalu cek ketersediaan tiket pesawat melalui aplikasi booking tiket online terpercaya yaa Sobat Indahnesia!

Sesampainya di Bandara Depati Amir, Pulau Bangka, kamu bisa berkeliling sejenak atau menikmati kuliner di sekitaran Bangka. Kalau waktumu luang, kamu juga harus coba menyeberang ke Belitung dengan menaiki pesawat terbang atau kapal laut.

Bangka to Belitung

Ada 2 pilihan transportasi perjalanan dari Bangka menuju ke Belitung. Kamu bisa naik pesawat terbang ataupun Kapal Laut!

Cara dari Bangka menuju ke Belitung juga dapat ditempuh menggunakan pesawat terbang dengan maskapai yang menerima penerbangan dari Bangka ke Belitung, Sky Aviation.

Ada 2 kali perjalanan setiap harinya untuk rute Bangka-Belitung dengan lama perjalanan kurang lebih 1 jam. Harga tiketnya sendiri mulai dari 400.000-an aja! Kalau kamu mau pergi ke Bangka-Belitung dari Jakarta naik pesawat, minimal budget yang kamu perlukan adalah 1.300.000 hingga 1.500.000 rupiah.

Nah, kalau mau coba alternatif lain, kamu bisa pergi dari Bangka ke Belitung dengan menaiki kapal laut KM Bahari Express dari Pelabuhan Pangkalbalam di Pangkal Pinang.

Setiap harinya, KM Bahari Express hanya menyediakan 1 kali perjalanan dari Bangka ke Belitung pada pukul 14.00 dengan harga tiket mulai dari 140.000 sampai 200.000 rupiah dan lama perjalanan hingga 5 jam.

Total budget yang kamu perlukan dari Jakarta menuju ke Bangka menggunakan pesawat terbang dan dari Bangka ke Belitung menggunakan kapal laut itu sekitar 1.135.000 hingga 1.242.000 rupiah!

  • Panduan Wisata Bangka Belitung: Transportasi Selama di Bangka Belitung

Yang seringkali jadi pertanyaan bagi para pelancong yang liburan ke Babel adalah moda transportasi yang bisa digunakan untuk mobilitas di sana.

Untuk transportasi sendiri, di Bangka jauh lebih mudah menemukan transportasi umum ketimbang di Belitung. Kamu bisa menuju ke terminal Pangkal Pinang untuk menemukan beberapa bus antar kabupaten. Selain itu juga ada angkot (angkutan kota) yang siap mengantar kamu ke destinasi tujuan.

Kalau di Belitung sendiri, tentu ada bus antar kabupaten, hanya saja angkot masih sukar ditemui. Adapun rute angkot di Bangka Belitung memang masih cukup sedikit, biasanya hanya ada 8 rute dengan ongkos sekali jalan mulai dari 10.000 rupiah.

So … kalau kamu mau lebih mudah bepergian selama liburan, kamu bisa sewa kendaraan mulai dari 70.000-an per-hari atau coba akses transportasi umum lainnya, seperti ojek online.

Sementara itu, untuk mengakses hotel dari pelabuhan Tanjung Pandan, kamu juga bisa kok memanfaatkan ojek-ojek konvensional dengan pangkalan di sekitar pelabuhan dan pastinya mereka juga kerap kali menawarkan fasilitas ojek menuju ke destinasi wisata pilihan kamu.

  • Waktu Terbaik Jelajah Bangka Belitung

Sepanjang tahun adalah waktu terbaik buat kamu yang mau liburan ke destinasi wisata di Bangka Belitung. Kamu akan tetap merasakan cantiknya Babel kapanpun kamu berwisata ke sini!

Meski begitu, tentu aja ada beberapa bulan yang dijadikan patokan paling asik buat kamu yang mau liburan dengan cuaca yang perfect!

panduan wisata bangka belitung

Sepanjang Bulan Mei hingga Oktober adalah waktu yang paling tepat buat main ke Bangka Belitung. Cuaca Bangka Belitung di antara bulan ini sedang cerah-cerahnya dan cenderung kering. Dengan begitu, kamu bisa lebih puas untuk eksplor pantai bahkan taman bawah laut di Bangka Belitung!

  • Aktivitas Seru Apa yang Bisa Dicoba di Bangka Belitung?

Nah, the most important thing kalau lagi liburan tentu aja list destinasi wisata yang bisa dijelajahi di Bangka Belitung, bukan?

Supaya lebih mudah, rangkaian aktivitas seru di Bangka Belitung ini kita rangkum dalam bentuk itinerary selama liburan aja ya Sobat Indahnesia! So … check this out!

  • Dimulai dengan Sarapan

Tentu aja, sebelum menjelajahi keindahan Babel, perut jangan sampai keroncongan! Kalau lagi di Bangka Belitung, jangan makan mie instan di kamar hotel terus ya Sobat Indahnesia!

panduan wisata bangka belitung

Luangin waktu kamu untuk coba beberapa makanan khas Babel yang cocok untuk sarapan, seperti:

Hari pertama, kamu akan diajak main ke sekitar Belitung Timur. Kalau main ke Belitung Timur, udah pasti di sini sih surganya destinasi Laskar Pelangi dan beberapa destinasi wisata lainnya. By the way, masih ingat film masa kecil yang satu ini gak nih Sobat Indahnesia?

Beberapa destinasi wisata yang bisa kamu jajaki di Belitung Timur, antara lain:

  • SD Laskar Pelangi
  • Museum Andrea Hirata
  • Kampung Ahok
  • Vihara Dewi Kwan Im
  • dan Pantai Burung Mandi

Selesai dari Belitung Timur, perjalanan kamu bisa dilanjutkan menuju ke Kota Manggar. Di sini kamu bisa menikmati makan siang atau ngopi di sekitara Manggar.

Selesai dari Kota Manggar, kembali ke Tanjung Pandan untuk kemudian menikmati indah dan romantisnya sunset di Pantai Tanjung Pendam.

  • Hari Kedua

Hari kedua, bisa diisi dengan berwisata ke destinasi pantai pilihan, seperti Tanjung Kelayang. Di sini kamu akan menikmati snorkeling sambil juga island hopping lho sobat Indahnesia!

panduan wisata bangka belitung

Beberapa destinasi island hopping yang bisa kamu tempuh dari Tanjung Kelayang, antara lain Pulau Batu Belayar, Pulau Kelayang, Pulau Kepayang, dan Pulau Lengkuas.

Usai bermain di pantai, kamu bisa kembali ke Tanjung Pandan. Di daerah ini juga kamu bisa lho manfaatin untuk membeli oleh-oleh sebanyak yang kamu mau!

  • Hari Ketiga

Hari ketiga, waktunya kamu cobain wisata ke Danau Kaolin. Danau yang sangat indah, dengan sisa-sisa pertambangan timah yang menghasilkan danau berwarna biru terang dan menyala.

Sebelum ke Danau Kaolin, sempatkan juga buat ngopi pagi di Kedai Kopi Kong Djie yaa! Ini adalah kedai kopi khas dari Belitong yang dijamin bisa bantu kamu makin segar di hari terakhir trip!

5 Wisata Hits Murah

Perjalanan kamu bisa diakhiri di Danau Kaolin dan puas-puasin deh main di sini. karena memang unik banget! Jarang sekali ada danau dengan view serupa kutub utara karena warna biru air yang menyala, bertemu bebatuan putih yang seolah serupa gletser.

  • Panduan Wisata Bangka Belitung 2024 : Toko Oleh-oleh Pilihan

Rasanya udah jadi tradisi wajib masyarakat Indonesia, kalau liburan wajib bawa oleh-oleh buat teman atau keluarga. Bahkan ada juga nih jastip (jasa titip) oleh-oleh yang bisa kamu manfaatin biar makin cuan hehe.

Nah, beberapa rekomendasi toko oleh-oleh di Bangka Belitung, diantaranya:

  • Klapa Oleh-oleh yang berlokasi di Jl. Air Saga No.89, Kecamatan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Di sini kamu bisa bawa oleh-oleh jajanan kering, seperti kerupuk kemplang, madu hutan asli Belitung, abon kering, dan masih banyak lagi!
  • Sepiak Belitung. Di sini kamu bisa bawa pulang oleh-oleh berupa batik khas Belitung yang bernama Sepiak. Lokasinya ada di Batu Itam, Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
  • Pasar Tradisional Tanjung Pandan. Kalau mau lebih lengkap lagi cari oleh-oleh baik makanan ringan atau pakaian, kamu bisa pergi ke Pasar Tradisional yang ada di Pusat Kota Tanjung Pandan. Jangan lupa juga beli lada putih khas Bangka di sini yaa Sobat Indahnesia!
  • Kalau mau kulineran sekaligus nyari beragam oleh-oleh makanan di Bangka Belitung, jangan lupa mampir ke Jalan Kampung Katak! Di sini banyak deretan kios penjual makanan ringan maupun kuliner lainnya lho!

So … itu dia panduan wisata Bangka Belitung terbaru yang bisa kamu jadikan patokan sebelum liburan ke Babel. Apalagi untuk kamu yang baru banget pergi ke Pulau Bangka Belitung! Selamat berlibur guys!

Comments

Leave a Reply