Spot Diving Pulau Jawa Terbaik, Cocok Masuk List Tahun Baru Kamu!

Spot Diving Pulau Jawa Terbaik, Cocok Masuk List Tahun Baru Kamu! – Olahraga air jadi salah satu cabang olahraga yang lagi digandrungi oleh banyak kalangan terutama anak muda nih Sobat Indahnesia!

Mungkin ide wisata sambil berolahraga yang satu ini juga bisa bantu kamu healing di akhir tahun, yang gak hanya seru tapi juga menguji adrenalin!

Beberapa olahraga air yang bisa kamu coba selama liburan di pantai diantaranya, sea walking, snorkeling, diving, dan masih banyak lainnya.

Terkhusus untuk kegiatan menyelam, sebagai negara maritim, tentunya Indonesia punya banyak destinasi spot diving terbaik yang tersebar di berbagai penjuru negeri. Kali ini, kita ulik spot-spot diving terbaik yang ada di Pulau Jawa yuk! Check this out!

Rekomendasi Spot Diving Pulau Jawa

  • Spot Diving Pulau Jawa: Pulau Macan

Pulau Macan merupakan salah satu dari rangkaian Kepulauan Seribu yang masih cukup sepi dan terkesan private. Salah satu faktor yang menjadikan Pulau Macan punya daya tarik tinggi adalah lokasinya yang dekat dari Ibukota Jakarta.

Pulau Macan atau yang biasa disebut Tiger Island ini juga mengusung konsep pulau Eco Resort. Untuk Pembangkit listrik di pulau ini ternyata berasal dari turbin angin dan solar cell, lho! Keren banget dan pastinya ramah lingkungan!

Tiger Island atau Pulau Macan juga termasuk ke dalam pulau yang pengelolaan sampahnya cukup baik guys! Dijamin kalau liburan ke sini gak hanya bikin kamu tenang tapi juga nyaman dengan kondisi pulau yang bersih dari sampah.

Kalau soal keindahan bawah lautnya, Pulau Macan punya ekosistem terumbu karang yang masih sangat asri! Selain itu juga kamu bisa kok ikut program Coral Planting yang diadakan di Pulau Macan.

Kegiatan penanaman koral baru ini sangat bermanfaat untuk pelestarian alam dimana nantinya terumbu-terumbu karang yang sudah rusak digantikan dengan terumbu karang yang baru.

So … selain bisa nikmatin kondisi alam yang luar biasa indah walaupun dekat dengan perkotaan, tapi kamu juga bisa bantu untuk melestarikan alam Indonesia, lho! Kapan lagi kan liburan selain dapet rasa bahagia tapi juga bisa bantu alam untuk tetap lestari?!

Menuju ke Pulau Macan ini kamu butuh waktu tempuh sekitar 90 menit perjalanan dari Pelabuhan Marina, Jakarta. Untuk perjalanannya sendiri biasanya menggunakan speedboat atau kapal cepat dengan harga tiket sekitar 300 ribu untuk satu kali perjalanan.

  • Teluk Biru di Banyuwangi

Destinasi wisata yang berlokasi di Banyuwangi ini cocok banget dijuluki surga tersembunyi. Surga bawah laut dari Banyuwangi ini cocok jadi alternatif lain untuk nikmatin snorkeling selain di Pantai Bama, Baluran, atau Pulau Labuhan.

Warna laut Teluk Biru atau Blue Bay yang jernih bak permata biru membuatnya terlihat sangat asri dan seolah-olah gak tersentuh oleh keramaian.

Kalau Teluk Hijau di Banyuwangi jadi primadona karena keindahan pasir putih pantainya, kalau Teluk Biru justru terkenal karena keindahan bawah lautnya yang sangat eksotis.

Sayangnya, akses jalur darat menuju ke Teluk Biru ini masih cukup sulit guys! So … kamu harus pakai perahu atau kapal boat dengan harga sewa mulai dari 300.000 sampai 500.000 rupiah dari Muncar, Banyuwangi, dengan lama perjalanan selama kurang lebih 2 jam.

  • Spot Diving Pulau Jawa: Pulau Bawean

Wisata tersembunyi dari Kota Gresik, Pulau Bawean ini udah pas banget kalau keindahannya disandingkan dengan Pulau Seribu di Jakarta atau bahkan Karimun Jawa!

Ekosistem alam Pulau Bawean yang bisa dikatakan beragam bikin semua mata jadi terpikat. Walau belum banyak disentuh oleh tangan manusia, tapi Pulau Bawean bisa jadi destinasi wisata yang aman untuk kamu kunjungi kok!

Ada apa sih di Pulau Bawean ini? Salah satu yang cukup unik adalah interaksi dengan rusa Bawean yang bisa kamu dapetin di sini.

Selain fauna, kekayaan flora dan bahari di Pulau Bawean juga sangat berlimpah! Pulau ini ditanami lebih dari 1 jenis tanaman yang tumbuh subur, seperti manggis, salak, buah merah, dan durian yang bisa jadi salah satu sumber konsumsi lokal. Selain itu, ada puluhan spesies ikan yang siap menyambut kamu yang mau coba diving di pulau yang satu ini!

Untuk sampai di Pulau Bawean dari Kota Gresik ini cukup mudah! Kamu bisa coba naik beberapa kapal laut seperti Bahari Express atau Gili Iyang dengan harga tiket mulai dari 60 ribu sampai 200 ribu rupiah!

  • Grand Watudodol Underwater

Satu lagi dari Banyuwangi, ada Grand Watudodol. Grand Watudodol (GWD) nawarin kamu sensasi liburan dengan pemandangan bawah laut dari Selat Bali yang udah pasti eksotis nih!

Tahun 2018 lalu, Grand Watudodol ini bahkan dinobatkan jadi salah satu pantai terbersih se-ASEAN lho! Untuk snorkeling dan diving di objek wisata Grand Watudodol ini dibanderol sekitar 25.000 sampai dengan 350.000 rupiah!

Gak perlu menyelam terlalu dalam, di GWD ini kamu udah bisa nikmatin keindahan bawah lautnya hanya dengan menyelam sejauh 1 meter aja!

Ekosistem bawah laut dari Grand Watudodol ini bermacam-macam, mulai dari soft coral, terumbu karang, sampai ikan-ikan hias yang jumlahnya banyak banget!

Untuk tiket masuk ke GWD juga terbilang sangat murah dengan berbagai keindahan alam yang ditawarkannya. Harga tiketnya sendiri cuma dipatok sebesar 5000 rupiah aja lho guys!

  • Spot Diving Pulau Jawa: Pulau Gili Labak

Kalau pulau destinasi snorkeling yang satu ini lokasinya ada di Pulau Madura! Pulau Gili Labak, salah satu pulau dengan pemandangan bawah laut khas Selat Madura yang bisa kamu nikmatin.

Jernihnya air dari Gili Labak di Madura ini bikin kita betah berlama-lama snorkeling atau diving di tengah arus air yang cukup tenang.

Aktivitas air yang kamu lakukan di Gili Labak ini akan terasa makin asyik berkat ikan-ikan hias kecil yang berenang bebas diantara terumbu karang yang terjaga keasliannya! Di sini juga kamu bisa lho main ke Taman Nemo yang terletak di bawah laut dan tentu aja di sana ada ikan badut super lucu, alias Nemo!

Untuk harga tiket masuk ke Gili Laba ini dibanderol mulai dari 5000 rupiah sampai 150.000-an dengan jam operasional selama 24 jam!

Itu dia guys beberapa spot diving terbaik di Pulau Jawa yang bisa masuk ke dalam bucketlist liburan kamu! Selain diving, kamu juga bisa kok snorkeling di tempat-tempat tadi dengan aman dan nyaman.

Jangan lupa untuk selalu mempersiapkan liburan kamu dengan baik dan jangan lupa buat healing sejenak dari penatnya rutinitas sehari-hari bareng Indahnesia!

Comments

Leave a Reply