Aquabike Jetski World Championship 2023 Bawa Danau Toba Mendunia!

Aquabike Jetski World Championship 2023 Bawa Danau Toba Mendunia! – Selain diadakannya ajang olahraga Internasional ini, ternyata Lomba Solu Bolon atau dayung khas Danau Toba juga jadi sorotan warga dunia! Penasaran?


Halo Sobat Indahnesia! Baru aja nih di Indonesia, tepatnya di provinsi Sumatera Utara digelar ajang lomba balap jetski Internasional!

Event Aquabike Jetski World Championship 2023 ini diselenggarakan tepatnya di 4 Kabupaten di Sumatera Utara, yakni Karo, Dairi, Samosir, dan Toba.

Mulai dari tanggal 22 sampai dengan 26 November 2023 nanti, 22 negara yang terdiri dari 100 lebih rider bakalan berlomba bersama di salah satu provinsi kebanggaan Indonesia ini!

Oh iya, ada hal menarik lainnya dari ajang perlombaan ini lho! Ternyata, tradisi balap perahu tradisional Solu Bolon juga turut digelar bersamaan dengan event tersebut! Tujuannya supaya tradisi ini juga ikut mendunia!

Karena diselenggarakan di 4 Kabupaten di Sumatera Utara, maka ajang perlombaan ini juga akan digelar di beberapa destinasi wisata disekitar Danau Toba.

Penasaran gak sih ada destinasi wisata apa aja yang jadi tempat diselenggarakannya Aquabike Jetski World Championship 2023 ini? Check this out!

  • Aquabike Jetski World Championship: Waterfront City Pangururan di Samosir

Baru pertama kali mendengar nama ini? Yup, Waterfront City Pangururan jadi salah satu destinasi wisata pembukaan ajang olahraga internasional Aquabike Jetski World Championship 2023!

Waterfront City Pangururan merupakan sebuah museum budaya terbuka Samosir yang dibangun oleh pemerintah dalam upaya mendukung Danau Toba sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Waterfront ini punya luas 6.4 hektar dan bisa dijadikan tempat untuk sekadar menikmati Pulau Samosir dan perairan Danau Toba dari tepian.

Gak cuma itu, ternyata waterfront sepanjang 1.5 kilometer ini juga nantinya akan menjadi galeri terbuka yang menceritakan tentang alam dan budaya di Pulau Samosir. Wah, menarik banget ya guys?!

Kawasan ini terbagi ke dalam beberapa segmen yang ternyata menceritakan budaya di Samosir dengan menarik! Segmen pertama saja nantinya akan berupa Taman Pustaha yang menceritakan syair-syair karya penyair setempat.

Lalu segmen kedua yang merupakan Tanjung Horbo, yaitu tempat kumpulan bebatuan geologi Toba yang akan memberi kamu informasi seputar terbentuknya Danau Toba.

Segmen ketiga, Zona Aek Na Tio yang sepertinya bisa jadi spot favorit termasuk juga buat kamu nih! Di sini akan ada pertunjukan air mancur dan juga beberapa pusat kuliner darat maupun di atas perairan Danau Toba. Gak cuma itu, di sini juga akan diputar sebuah videotron mengenai sejarah Danau Toba.

Gimana? Keren kan? Apalagi kawasan waterfront ini jadi tempat dibukanya perhelatan akbar, Aquabike Jetski World Championship 2023!

  • Aquabike Jetski World Championship: Pantai Sinalsal, Tongging, Kabupaten Karo

Gak banyak yang tau kalau ternyata di Sumatera Utara juga punya banyak destinasi wisata. Salah satunya adalah Pantai Sinalsal  di Kabupaten Karo.

Tau gak kamu, daya tarik dari pantai ini bagi para wisatawan ternyata ada di fasilitas menyusuri pantai dengan kuda?! Aduh, keren banget deh rasanya bisa naik kuda di tepi pantai ala-ala selebgram!

Pantai Sinalsal ini diapit oleh lembah dan beberapa perbukitan serta ada di tepi pantai Danau Toba. Pantai ini jadi primadona khususnya untuk para wisatawan yang berwisata bareng keluarga!

Banyak gazebo-gazebo yang disediakan di sekitar pantai hanya untuk sekadar duduk-duduk menikmati semilir angin pantai dan suara deburan ombak.

Buat yang suka berkemah, Pantai Sinalsal juga cocok dijadikan tipe pantai yang ramah untuk kamu yang mau mencoba sensasi kemping di pesisir pantai.

Dalam rangkaian Event Aquabike Jetski World Championship di Indonesia ini, Pantai Sinalsal jadi salah satu tempat pembukaannya!

  • Aquabike Jetski World Championship: Pantai Silalahi, Dairi

Selain Danau Toba, Pantai Silalahi juga jadi primadonanya wisata di Kota Medan, Sumatera Utara. Selain view pantainya yang indah dan didominasi pemandangan pegunungan dan lautan yang asri, Pantai Silalahi juga semakin cantik dengan pasir yang panjang dan dikelilingi oleh tebing-tebing. Cocok untuk kamu yang mau sekedar jalan-jalan menyusuri pantai.

Sama seperti pantai Sinalsal, Pantai Silalahi juga cocok untuk kamu jadikan destinasi kemping di tepi pantai dengan pasir lembut dan ombak yang tenang.

Selain Event Aquabike Jetski ini, ada juga side event yang jadi primadona dalam rangkaian acara tersebut, salah satunya adalah Lomba Balap Solu Bolon.

Apa sih Balap Solu Bolon itu?

Balap Solu Bolon atau perahu besar Batak di Danau Toba ternyata jadi side event yang cukup menarik untuk kita ulik dan coba kenali nih guys!

Solu Bolon sendiri merupakan alat transportasi penghubung antar kampung di sekitaran Danau Toba. Lalu, menjadi salah satu tradisi yang dahulunya ternyata hanya dimiliki oleh orang-orang besar saja atau yang berstatus sebagai seorang raja.

Sekarang, Solu Bolon berhasil diperkenalkan di mata dunia berkat eksistensinya sebagai salah satu lomba balap yang menarik antusiasme masyarakat dalam gelaran Aquabike Jetski World Championship 2023!

Kurang lebih ada 8 kabupaten di Sumatera Utara yang kemudian memperebutkan hadiah berupa piala bergilir dan total uang 250 juta lho! Menarik banget!

Selain eksis dalam event ini, Solu Bolon juga selalu eksis dalam pagelaran Mangebang Solu Bolon yang biasanya dilakukan oleh Suku Batak.

Mangebang Solu Bolon sendiri merupakan tradisi mengelilingi Danau Toba yang memiliki panjang hingga 100 kilometer dan lebar hingga 30 kilometer.

Pagelaran Mangebang Solu Bolon ini biasanya rutin diselenggarakan setiap tahunnya, dimana setiap peserta wajib menyiapkan 1 perahu besar yang sudah dihias dengan ornamen khas Batak!

Menarik ya dan tentunya keren banget kan guys?!

Itu dia ulasan singkat mengenai event yang cukup bergengsi yang kemudian diselenggarakan di Sumatera Utara, khususnya di kawasan Danau Toba!

Yang membuat event ini tampak menarik juga karena akses masyarakat untuk menyaksikannya secara langsung itu gratis lho! Alias gak dipungut biaya tiket atau apapun. So … jangan sampai kamu termakan bujuk rayu calo yaa hehehe!

Tentu aja hal ini bisa juga bisa jadi momentum yang tepat untuk membawa naik nama Danau Toba di kancah internasional sebagai salah satu destinasi wisata water sport kelas dunia!

Comments

Leave a Reply