Tips Liburan Tanpa Internet, Tetap Seru Healing dari Dunia Maya!
tips liburan tanpa internet

Tips Liburan Tanpa Internet, Tetap Seru Healing dari Dunia Maya! – Bicara soal liburan, rata-rata dari kita mungkin tetap sibuk dengan rutinitas di dunia maya. Tapi apa jadinya kalau kamu liburan ke daerah yang minim atau bahkan gak ada internet sama sekali?


Dalam hidup, kadang kita gak bisa ya pengen semua hal indah terjadi dalam 1 waktu. Contohnya aja perkara destinasi liburan! Mungkin ada tempat-tempat indah di dunia ini yang juga udah dimasuki akses internet yang memadai, tapi ada juga tempat yang indah tanpa adanya akses internet sama sekali!

Contohnya aja Desa Adat Wae Rebo. Destinasi wisata kampung adat ini bisa dibilang cukup indah dengan segala macam suguhan alam dan juga keramah tamahan warga dan budayanya yang hangat. Sayangnya, di desa ini masih terkendala terkait sinyal internet!

Di Wae Rebo, cuma ada kehidupan komunal para masyarakatnya yang jauh dari kehidupan di dunia maya. Sekilas, bisa jadi ini adalah dambaan tiap warga kota yang udah capek banget tiap hari larut dalam rutinitas yang sama, bekerja, lalu pulang ke rumah dan masih harus terganggu dengan arus berita dan trend yang begitu cepat bergulir di dunia maya.

Coba deh sesekali, atau minimal sekali seumur hidup, kamu harus liburan ke destinasi wisata yang bisa kasih kamu rasa tentram dan sensasi healing yang gak pernah kamu dapetin kalau lagi liburan di kota atau daerah dengan akses internet yang bagus!

Kamu gak usah khawatir dan mikirin kalau liburan kamu bakal jadi gak seru karena gak bisa update story secara realtime, hehe. Atau khawatir dengan keselamatan kamu selama liburan karena gak bisa secara cepat menghubungi orang terdekat jika terjadi apa apa akibat terkendala sinyal internet!

So … berikut ini ada tips liburan tanpa internet buat kamu yang mau coba bener-bener healing dari dunia maya  biar liburan kamu tetap asik dan aman! Check this out!

Tips Liburan Tanpa Internet!

  • Latih Diri untuk Mindfullness Selama Liburan

Apa sih mindfullness itu? Singkatnya, mindfullness adalah kesadaran penuh atau kondisi fokus terhadap segala sesuatu yang sedang terjadi saat ini.

Kalau kita terapin di liburan kita tanpa gadget dan internet, mindfullness berarti kamu memusatkan penuh pikiran dan tubuh kamu pada momentum liburan yang lagi kamu jalanin!

tips liburan tanpa internet

Mudahnya, kalau biasanya kamu pegang gadget kemana-mana untuk memotret liburan kamu dan update di sosial media secara realtime, coba biasakan diri untuk matikan data seluler gadgetmu, taruh gadgetmu di tempat yang aman, dan latih diri untuk “memotret” keindahan sekitar kamu dengan mata telanjang, berpikirlah secara penuh bahwa kamu sedang berada di tempat yang indah dan kamu perlu mengabadikannya melalui ingatan kamu!

Kamu juga bisa coba untuk fokus merasakan semilir angin yang mengusap lembut kulit kamu, suara debur ombak yang gak pernah kamu dapetin selama di kota, atau coba mainkan indra perasa dengan lihai saat mencicipi makanan baru khas daerah yang kamu kunjungi.

Alih-alih fokus memantau jumlah likes dan coments secara realtime dari hasil unggahan liburan kamu, kamu bisa kok tetap memotret momen keseruannya dan kamu simpan fotonya untuk kemudian di unggah di hari lain setelah kamu pulang dari berlibur!

Apakah ada manfaat dari mindfullness ini? Tentu ada dong! Dalam kondisi liburan, kita bisa aja secara gak sadar kasih asupan “stres” ke dalam pikiran kita dengan terus-terusan update sosial media walau posisinya lagi liburan. Beda cerita kalau kamu liburan sambil rebahan yaa, dimana itu adalah waktu yang pas buat scroll-scroll singkat sosial media!

Nah, dengan melatih mindfullness ini, kita bisa kesampingkan sedikit salah satu penyebab stres ini, dan lebih berfokus hanya pada diri sendiri, situasi saat ini, dan kualitas liburan yang udah kamu rencanain sedari lama! Jadi, mau coba mindfullness selama liburan?

  • Selalu Teliti dalam Merencanakan Liburan Kamu!

Khusus banget untuk kamu yang memang akan liburan ke daerah yang minim sinyal internet, ada baiknya lebih teliti dan selalu mengutamakan catatan kamu, baik sebelum liburan ataupun saat liburan!

Contoh sederhananya adalah riset! Kamu harus mencatat dan wajib banget buat riset lokasi dan transportasi menuju ke destinasi wisata yang akan kamu tuju nanti!

Biasanya, untuk daerah-daerah terpencil atau jarang dikunjungi seperti di beberapa destinasi wisata alam di Labuan Bajo, kamu bisa kok pilih ikut open trip, private trip, atau sewa tour guide yang bisa bantu menjamin liburanmu tetap berjalan dengan lancar walau kamu baru pertama kali liburan di daerah yang jauh dari pemukiman.

Diusahain juga untuk melakukan segala bentuk penyewaan barang dan kendaraan dari jauh-jauh hari ya guys! Gak lupa juga selalu bawa uang yang cukup karena di tempat yang terpencil ini udah pasti gak akan ada mesin ATM!

Kamu juga wajib bawa segala perlengkapan yang dibutuhin dengan teliti dan jangan sampai ada yang ketinggalan! Pasalnya, kamu gak akan bisa pesan barang-barang yang ketinggalan itu secara online, atau … mungkin aja jarak toko perlengkapan yang kamu butuhin itu juga jauh dari lokasi liburan kamu!

Ketika kamu memilih untuk benar-benar liburan tanpa mikirin hiruk pikuk kehidupan di dunia maya, kamu udah seharusnya benar-benar kembali ke alam, menyatu dengan alam, dan mempersiapkan segalanya layaknya seseorang yang akan tinggal dalam pengasuhan alam. Hihihi, gimana? Keren kan pengandaiannya? So … udah siap liburan tanpa sinyal internet?

  • Selesaikan Segala Tugas Pekerjaanmu dan Jangan Lupa Kabari Rekan Kerjamu!

Ini sih udah pasti banget jadi hal wajib yang perlu dilakuin para pekerja yang lagi habisin jatah cutinya dengan kabur sejenak dari rutinitas perkantoran, alias liburan jauh ke alam bebas! Hehehe.

cuti kerja

Buat kamu yang mau coba liburan ke daerah-daerah minim internet dengan alasan pengen totalitas healing, jangan sampai liburan kamu malah bikin orang lain rugi, alias kamu pergi gitu aja tanpa ngabarin kalau nanti kamu gak akan bisa 24/7 on social media!

Liburan para pekerja gak kaya liburan anak sekolah yang dilaksanakan secara serempak! Biasanya, cuti antara satu karyawan dan karyawan lainnya itu berbeda. Jadi diusahain sebelum cuti panjang, kamu udah selesain pekerjaan kamu yang deadline-nya itu dalam waktu-waktu dekat. Jadi, rekan kerjamu gak perlu kelimpungan ngehubungin kamu kalau butuh pekerjaannya dalam situasi yang urgent!

  • Belajar Berbaur dengan Warga Lokal

Liburan tanpa akses internet bukan berarti tiba-tiba kamu jadi manusia paling kesepian di dunia! Enggak ya guys! Tugas kamu adalah melatih jiwa sosial kamu dan kenalan sama orang baru!

tips liburan tanpa internet

Cari pengalaman dengan berbaur sama warga lokal di tempat tujuan kamu yaa! Contoh sederhananya adalah ketika kamu berkunjung ke desa adat di Labuan Bajo, kamu bisa kok benar-benar membaur sama warga di sana dan posisikan diri kamu sebagai seseorang yang haus akan ilmu baru!

Percaya deh, dengan mencari tau budaya suatu daerah langsung dari warga lokalnya, kamu akan ngerasain sensasi liburan yang jauh lebih seru dan bermakna! Biarkan segala macam informasi dan edukasi itu terekam jelas di ingatan kamu ya guys!

Daripada liburan hanya sekedar memotret lalu pulang dan update di instagram, kamu bisa sesekali coba untuk benar-benar memusatkan seluruh fokus kamu pada objek ataupun manusia yang kamu temui selama perjalananmu!

  • Atur Itinerary dengan Matang

Yang gak kalah penting dan bisa jadi penunjang keseruan liburan kamu adalah itinerary atau rencana perjalanan selama liburan!

Daripada bingung pas udah sampe tempat wisata, mending bingungnya di rumah aja! Hehehe. Sebelum memutuskan buat liburan ke daerah yang terpencil, wajib hukumnya kamu punya list daerah yang akan kamu kunjungi di jam sekian dan jam sekian biar gak ketinggalan transportasi, atau dari destinasi yang satu dan yang lainnya supaya lebih berdekatan dan gak muter-muter!

itinerary liburan

Kalau kamu pergi ke daerah pegunungan untuk hiking, atau ke daerah terpencil dengan tujuan camping dan kegiatan alam lainnya, kamu biasanya butuh kompas, bukan?

Nah, kalau kamu mau liburan anti ribet dan anti bawa peta atau kompas, kamu bisa bawa tour guide dalam perjalanan kamu yang bisa bantu kamu tunjukin destinasi mana yang seru dan dekat antara satu tempat dan tempat lainnya! Yang penting sih biar enggak nyasar guys!

Nah, itu dia guys tips liburan tanpa internet tapi bisa tetap seru karena udah kamu persiapkan dengan matang dan kamu udah berani buat berbaur dengan masyarakat sekitar!

Sebenarnya, tanpa internet dalam beberapa hari itu bukanlah masalah yang besar kalau kamu udah mempersiapkan segala hal dengan matang!

Untuk keselamatan diri sendiri juga kamu harus mau keluarin budget lebih untuk sewa kendaraan yang proper atau bahkan sewa tour guidenya sekalian supaya meminimalisir kamu salah jalan atau kalah sama medan di tempat liburan yang belum pernah kamu singgahi!

Intinya adalah kamu gak perlu terlalu banyak khawatir walau harus liburan tanpa akses internet dalam beberapa waktu ya guys! Pastinya, pengalaman yang akan kamu dapatkan selama liburan ini juga bisa memuaskan hati kamu yang butuh liburan dan pelarian sejenak dari rumitnya rutinitas di kota!

Beberapa manfaat juga akan kamu dapetin kalau kamu berani liburan tanpa gadget! Diantaranya, kamu bisa lebih intens bercengkrama bareng orang terdekat yang liburan bareng kamu! Atau kamu juga bisa lebih mengenal diri kamu sendiri lewat mindfullness dan berani berbaur bersama orang sekitar!

Jadi, kapan nih mau liburan bareng Indahnesia?!

Comments

Leave a Reply