Intip Surga Kepulauan Kei Maluku, Simak Rute hingga Akses Wisatanya!
Intip Surga Kepulauan Kei

Intip Surga Kepulauan Kei Maluku, Simak Rute hingga Akses Wisatanya! – Kepulauan Kei Maluku udah terkenal banget karena keindahan wisata dunianya yang seindah surga. Mulai dari tempat transitnya burung-burung pelikan, sampai cermin alam yang ada di salah satu pantai di Kepulauan Kei, penasaran?!

Dari sekian banyaknya keindahan alam Kepulauan Kei Maluku, ada salah satu desa yang bahkan dijuluki sebagai The Angel’s Village, desa yang seperti lahir dari alam yang luar biasa indah sampai-sampai dijulukin sebagai desanya para malaikat!

Keindahan alam dari Indonesia bagian timur emang udah menyihir mata siapapun yang mendambakan ketenangan alam dengan debur ombak pantai-pantainya yang asri, sampai habitat hewan-hewan yang cuma bisa kita liat di kebun binatang perkotaan, justru bisa kita liat secara langsung di alamnya.

Sama halnya kaya Maluku, tepatnya Kepulauan Kei, selain bisa manjain mata dengan cantiknya panorama alam. Di sini juga terbukti jadi rumah banyaknya hewan-hewan yang eksotis.

Bicara soal Kepulauan Kei, Kepulauan Kei sendiri merupakan gugusan pulau yang ada di Maluku bagian Tenggara. Di dalam Kepulauan Kei ini, terdiri dari 112 pulau dengan pulau terbesarnya adalah  Pulau Kei Kecil, Kei Besar, dan Pulau Dullah.

Kei juga dikenal dengan kehangatan yang ada di dalamnya, adat istiadat yang masih dipegang teguh dan gak bertentangan dengan hukum negara dan agama, sampai rasa kekeluargaan yang masih sangat erat, bikin kamu merasa seperti ada di rumah sendiri.

Liburan ke Maluku, terlebih ke Kepulauan Kei dijamin gak akan pernah jadi hal yang kamu sesali walau mungkin lelah karena perjalanannya yang terlampau jauh. Jadi, udah siap buat intip surga Kepulauan Kei ini? Check this out!

Intip Surga Kepulauan Kei yang Bikin Siapapun Jatuh Cinta!

  • Desa Wisata Ngilngof

Intip surga Kepulauan Kei yang pertama dan wajib kamu tau, Desa Wisata Ngilngof. Buat kamu yang lagi rencanain liburan ke Kepulauan Kei, desa yang satu ini wajib masuk list kamu!

Ini dia desa yang sempat kita notice di awal artikel ini guys! Ada yang masih inget? Yap! Ini dia desa yang dijuluki sebagai “The Angel’s Village”!

Desa Wisata Ngilngof punya banyak destinasi yang bisa dikunjungin, mulai dari wisata alam sampai religi pun ada. Di tahun 2021 lalu, Desa Wisata Ngilngof ditetapkan sebagai 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia.

  • Rute Menuju Desa Wisata Ngilngof

Desa Ngilngof berada di Kecamatan Manyeuw, Kabupaten Maluku Tenggara. Untuk sampai ke desa wisata Ngilngof dari daerah tempat kamu tinggal, kamu harus transit terlebih dahulu di Bandara Internasional Pattimura, Maluku atau di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, baru setelah itu bertolak ke Bandara Karel Sadsuitubun Langgur di Desa Ibra, Kei Kecil.

Untuk tiket penerbangannya dibanderol dengan harga 1,8 jutaan. Waktu tempuhnya sendiri kalau kamu pergi dari Jakarta dan transit di Makassar, lama perjalanannya 3,5 jam. Lalu dari Makassar ke Kei lama perjalanannya 4,5 jam.

Kalau kamu pergi dari Jakarta ke Ambon, lama perjalanannya kurang lebih 6 jam. Lalu dari Ambon ke Kei lama perjalanannya 1 jam. Kamu tinggal pilih nih mau transit di bandara yang mana.

Sampai di Langgur, kamu harus lanjutin perjalanan ke Desa Wisata Ngilngof. Lama perjalanan dari Langgur menuju ke Desa Ngilngof berkisar 35 menit naik kendaraan bermotor. Kalau kamu sewa mobil buat menjangkau desa ini, kamu butuh ngeluarin budget sekitar 200.000 rupiah.

Desa Ngilngof bisa dibilang sebagai surganya hidden gems yang ada di Kepulauan Kei. Beberapa surga tersembunyi itu diantaranya:

  • Pantai Ngurbloat

Pantai Ngurbloat dikenal juga dengan nama Pantai Pasir Panjang. Objek wisata Pantai Pasir Panjang lokasinya berjarak 17 kilometer dari Pulau Langgur.

Intip Surga Kepulauan Kei
Pantai Pasir Panjang, Maluku

Pantai Ngurbloat punya ombak yang ramah dan tenang dengan warna air yang jernih dan berwarna biru. Menurut National Geographic, Pantai Pasir Panjang ini adalah pantai pemilik pasir paling lembut di Asia bahkan di dunia!

Bersahabatnya kondisi air laut di Pantai Pasir Panjang juga mudahin kamu buat cobain diving atau sekedar snorkeling dan main air dengan nyaman dan aman.

  • Pantai Yenroa

Pantai yang satu ini punya dua kondisi yang cantik banget untuk dikunjungin kapanpun kamu mau. Baik saat surut ataupun pasang, Yenroa tetap punya daya tarik.

Pantai berpasir putih ini akan terlihat sangat tenang dan anggun saat musim pasangnya tiba, dan akan terlihat bagai surganya ikan bagi para penduduk desa saat musim surut tiba.

Gak heran nih, saat musim surut tiba, banyak banget warga yang berbondong-bondong bawa alat pancingnya buat nangkepin ikan di lautan.  Selain itu, pantai Yenroa juga jadi tempat konservasi dan edukasi tentang tanaman mangrove!

  • Pantai Ngurtafur di Kepulauan Kei Maluku

Pantai Ngurtafur adalah salah satu keajaiban dunia dari Nuhu Evav atau Tanah Kei. Keunikan dari Pantai Ngurtafur ini terletak di pasir pantainya yang menjorok ke lautan dan terkesan membelah lautan yang luas sepanjang 2.5 km dengan luas 7 meter. Sekilas pemandangannya mirip sama Taka Makassar yang ada di Labuan Bajo.

Momen yang tepat buat berkunjung ke Pantai Ngurtafur ini adalah bulan April-Mei, Oktober-Desember. Yang bikin Pantai Ngurtafur tampak indah dan makin mirip surga dunia adalah kehadiran burung-burung berparuh kuning atau yang biasa kita sebut sebagai pelikan.

Intip Surga Kepulauan Kei
Pantai Ngurtafur, Kepulauan Kei

Uniknya, burung-burung pelikan ini merupakan burung yang lagi transit dari Australia dan singgah sementara di Pantai Ngurtafur. Lucu banget kan?

Pantai Ngurtafur punya pemandangan air laut yang jernih banget dan terumbu karangnya bisa kamu liat dari atas perahu kalau kamu memilih buat nikmatin pantai dengan berlayar di lautan.

Gak berhenti sampai di situ, Pantai Ngurtafur jadi rumah buat penyu paling langka di dunia, Penyu Belimbing. Penyu Belimbing ini dikenal sama masyarakat sekitar dengan nama “Tabob”, lucu dan unik ya guys?!

Konon katanya, di Ngurtafur juga punya salah satu Penyu Belimbing yang ukurannya sebesar mobil sedan. Penyu ini punya bobot sampai 1 ton beratnya! Menurut masyarakat setempat, penyu ini sulit banget buat ditemuin secara gak sengaja, jadi perlu ada ritual buat memanggil penyu berukuran besar ini.

Penyu Belimbing Maluku
Penyu Belimbing

Kalau berkunjung ke Pantai Ngurtafur, diusahain buat bawa bekal makanan dan minuman sendiri yaa. Pasalnya, di objek wisata Pantai Ngurtafur kamu gak akan nemuin warung satu pun. Tapi jangan khawatir, walau gak ada warung di sini, tapi tetap tersedia penginapan buat kamu yang mau bermalam di sekitar pantai.

Oh iya, tiket masuk ke pantai ini juga masih gratis lho! Buruan kamu masukin bucketlist dan wujudin buat liburan ke Pantai Ngurtafur yang warbyasah indah!

Nah, buat kamu yang mau coba liburan ke Pantai Ngurtafur, berikut ini rute dan budget yang kamu butuhin buat berwisata ke Pantai Ngurtafur!

Pantai Ngurtafur lokasinya  ada di Pulau Warbal, Kepulauan Kei, Maluku. Kalau dari Jakarta ke Kepualauan Kei ini jaraknya luar biasa jauh! Maka dari itu, gak banyak orang yang mau berwisata ke Ngurtafur, alhasil objek wisata ini masih sepi pengunjung.

Kalau kamu pergi dari Jakarta (yang di luar Jakarta gak usah sedih ya, sesuai-in aja rutenya dari daerah kalian masing-masing!) bertolak ke Ambon naik pesawat. Kamu bisa berhenti di Bandara International Pattimura di Maluku. Harga tiketnya untuk tahun 2023 ini berkisar di angka 1,7 sampai 2,8 juta rupiah.

Dari Bandara Ambon, kamu harus lanjutin penerbangan ke Tual, tepatnya berhenti di Bandara Karel Sadsuitubun Langgur dengan harga tiket sebesar 3 sampai 4 jutaan.

Sampai di Tual, kamu harus naik kapal dari Pelabuhan Debut ke Ngurtafur, waktu tempuhnya kurang lebih 1-2 jam perjalanan. Untuk harga tiketnya sendiri sebesar 700 ribu sampai 1 jutaan. Jadi dalam 1 kali perjalanan, kamu butuh budget sekitar 8 jutaan.

  • Cermin Pantai, Met Bal Sorbay

Namanya kedengaran sulit buat dilafalin ya guys? Terus-terus kok bisa ya disebut sebagai cermin pantai? Hal ini disebabin karena pantai Met Bal Sorbay bakal berubah jadi cermin disaat air lautnya surut dan memantulkan indahnya langit di atas sana!

Fenomena surutnya air laut ini bagi masyarakat di sekitar pantai disebut dengan nama Meti. Proses Meti inilah yang menyebabkan pantai Met Bal Sorbay bisa memantulkan potret langit di sore hari!

Pantai ini sendiri punya ciri khas berupa pantai berpasir putih dengan dikelilingi oleh pohon-pohon kelapa. Kejaiban cermin alam ini terjadi di sore hari. Momen inilah yang dimanfaatin oleh para wisatawan buat berburu foto-foto yang unik dan mungkin cuma sekali dalam seumur hidup mereka.

Jauh-jauh ke Met Bal Sorbay gak akan pernah sia-sia karena kamu akan dapetin suasana alam yang luar biasa. Kamu akan dijadikan model dalam sehari karena dukungan dari keindahan alam yang udah kaya di negeri dongeng.

Intip Surga Kepulauan Kei
Met Bal Sorbay, Kepulauan Kei

Gak cuma itu, fenomena Meti ini juga diubah menjadi sebuah festival oleh warga yang diselenggarakan di Bulan Oktober. Festival ini juga yang bikin total pengunjung ke Pulau Kei jadi meningkat!

  • Kelapa Miring, Ohoi Wab

Unik ya namanya? Kepulauan Kei Maluku gak pernah bosan ngasih kamu fenomena alam yang unik. Yang satu ini, udah kentara banget nih dari namanya aja pasti di pantai ini ada pohon kelapa yang miring! Yap, kamu benar!

Pantai ini lokasinya ada di Desa Ohoi Wab, kecamatan Hoat Sorbay, di pesisir pulau Kei Kecil. Kalau mau berkunjung ke desa ini, kamu harus menyeberang naik spead boat dari Desa Dian Pulau sampai ke Ohoi Tetoar. Perjalanan gak berenti di situ, kamu juga harus lanjutin dengan perjalanan darat buat sampai di pantainya.

Karakteristik dari pantai ini ada di pasir putihnya dengan pohon kelapa yang tumbuh miring di pesisir pantainya. Kalau kamu pikir ini miringnya hanya seperti batang pohon yang bengkok, kamu salah! Pohon kelapanya sendiri memang benar-benar tumbuh lurus secara miring guys! Bingung kan?

Pantai Kelapa Miring Maluku
Kelapa Miring, Maluku

Oh iya, buat kamu yang mau main ke Pantai Kelapa Miring, di sini amenitasnya udah cukup memadai lho! Udah tersedia toilet yang bersih, beberapa penginapan dekat pantai, sampai warung-warung kecil milik warga juga ada, jadi gak usah khawatir lagi yaa!

Kalau mau ke sini, perjalanan kamu akan menghabiskan waktu sekitar 30 menit. 5 menit dibutuhin buat kamu menyeberang dari Deda Dian Pulau ke Ohoi Tetoar, lalu 20 menit dari Ohoi Tetoar menuju ke pantainya! Terhitung cepat kok guys!

Nah itu dia beberapa rekomendasi wisata buat kamu yang mau intip surga Kepulauan Kei di Maluku! Gak nyangka yaa, ternyata tanah Maluku punya segudang surga dunia yang penuh sama keajaiban alam yang gak pernah kita duga!

Bayangin kalau kamu bisa main ke sini dengan suasana alam yang damai dan hati yang bahagia? Gimana gak ngerasa jadi manusia paling beruntung bisa hidup bebas di alam yang indah walau cuma beberapa waktu aja. Walau singkat, di jamin liburan kamu ke Kepulauan Kei Maluku gak akan pernah gagal!

Selamat liburan guys!

Comments

Leave a Reply