Rangkaian Wisata Flobamora NTT! Beberapa Mungkin Baru Kamu Tau!
rangkaian wisata flobamora ntt

Rangkaian Wisata Flobamora NTT! Beberapa Mungkin Baru Kamu Tau! – Satu rangkaian keindahan alam NTT dirangkum dalam Wisata Flobamora. Penasaran?

Siapa yang hobi bolak-balik ke Nusa Tenggara Timur, entah untuk wisata atau malah ada keperluan kerja? Tapi masih asing dengan istilah Flobamora?! Tenang guys! Kamu gak sendirian kok!

Flobamora memang masih kedengaran awam di telinga para wisatawan NTT ya guys! Padahal mungkin aja kita udah seliweran kesana-kesini di tanah timur Indonesia, NTT.

Kalau kamu perhatiin peta wilayah Pulau Nusa Tenggara Timur, NTT ini terdiri dari beberapa gugusan pulau besar dan kecil. Di setiap gugusan pulau-pulau besar, di dalamnya ini masing-masing punya surga dunia yang indah banget dan wajib buat kamu ulik dan ketahui!

rangkaian wisata flobamora ntt

NTT sebagai salah satu pulau pemenang penghargaan Anugerah Pesona Indonesia tahun 2020 dikenal oleh masyarakatnya memiliki beberapa pulau eksotis yang disingkat menjadi Flobamora. Ada yang bisa tebak pulau apa aja itu?

Flobamora merupakan paduan kata dari 4 pulau besar di NTT, Flores, Sumba, Timor, dan Alor. Masing-masing dari ke-empat pulau ini punya destinasi wisata cantik yang cocok jadi tujuan liburan kamu nih!

Penasaran gak ada apa aja? Beberapa dari destinasinya bahkan masih jarang terdengar dan gak terlalu tersohor lho guys! Yuk kita simak rangkaian wisata Flobamora NTT, sekaligus rute dan rekomendasi akomodasinya biar kamu makin sat-set main ke Flobamoranya! Check this out!

Rangkaian Wisata Flobamora NTT!

Wisata Flobamora NTT : Pulau Flores

Kita awali Rangkaian Wisata Flobamora NTT ini dari Pulau Flores dulu ya guys! Waduh kalau pulau yang satu ini udah pasti sih semuanya tau. Bahkan, wisata kelas dunia juga ada di sini, yaitu Labuan Bajo! Siapa yang belum pernah ke Labuan Bajo?

Bicara soal wisata di Pulau Flores, ada beberapa rekomendasi wisata yang gak kalah kerennya dari destinasi terkenal sekelas Pulau Komodo, Pulau Padar, dan lainnya! Ada apa aja yaa?

  • Liat Lumba-lumba di Pulau Sabolo, Labuan Bajo

Daya tarik dari Pulau Sabolo salah satunya ada di dermaga kayunya. Dermaga kayu ini jadi yang cukup indah karena punya pemandangan alam terumbu karang yang bisa diliat dari atas permukaan air laut yang jernih banget!

Kalau gegabah, kamu pasti bakal kena tipu air yang beningnya udah kaya kaca ini! Pasalnya, dasar dari bibir pantai di Pulau Sabolo keliatannya sangat dekat atau dangkal, padahal dalem juga lho guys. Tetap harus safety yaa!

rangkaian wisata flobamora ntt

Dermaga kayu jadi spot favorit buat kamu yang mau abadiin momen indahnya Pulau Sabolo. Jangan lupa upload juga di sosial media biar makin ciamik!

Gak cuma itu, kalau kamu lagi beruntung, kamu bisa lho ketemu sama gerombolan lumba-lumba yang lagi berenang sambil lompat-lompat! Bayangin deh gimana lucunya?

Makin dramatis dan indah, selain lumba-lumba kamu juga bisa lho ketemu sama beberapa ikan terbang yang lagi berenang bebas di lautan yang masih asri! Hal ini terjadi karena Sabolo jadi jalur lewatnya lumba-lumba dan ikan terbang. Jangan lupa siap siaga sama kameranya yaa! Kalau belum punya, bisa juga kok sewa di Bajo Rental, hihi.

Buat kamu yang jadi penasaran pengen main ke Pulau Sabolo, Pulau Sabolo ini jaraknya gak jauh kok dari Labuan Bajo. Cuma 1 jam – 2 jam aja pakai kapal wisata. Untuk harga tiketnya sendiri, masih GRATIS kok guys! Jadi, buat main ke sini itu worth it banget!

Biasanya kamu bisa dapetin tour ke Pulau Sabolo ini satu paket juga dengan wisata ke Gua Rangko dan snorkeling di Pulau Sabolo! So … udah paling worth it memang main ke pulau ini biar gak bosen ke Pulau Komodo terus nih guys!

  • Cari Spot Foto Instagramable di Bukit Liaga, Ende

Lokasi Bukit Liaga ini ada di Desa Kota Baru, Kabupaten Ende, NTT. Bukit Liaga punya panorama laut Flores yang bisa kamu saksiin dari atas ketinggian perbukitan dengan kondisi topografi yang saling berdempetan. Khas banget perbukitan yang ada di deretan Timur Indonesia!

Dari Kota Ende, Bukit Liaga ini berjarak sekitar 100 KM perjalanan. Untuk sampai ke sana direkomendasiin buat pergi dari Kota Baru guys! Dari Kota Baru ini, kamu tinggal naik kapal bermotor untuk menyeberangi lautan selama 15 menit perjalanan aja.

Tapi, ada juga jalur lain buat sampai ke Bukti Liaga, kamu bisa pergi dari Pantai Ndodo di Ende dengan lama perjalanan sekitar 1 jam pakai perahu motor. Tinggal pilih mau jalur yang mana!

Sampai di kawasan Bukit Liaga, kamu masih harus berjalan kaki lagi selama kurang lebih 15 menit perjalanan. Tapi tenang, rasa lelah ini sebanding sama pemandangan  bukit dan hamparan laut Flores yang eksotis banget!

rangkaian wisata flobamora ntt

Sejauh mata memandang, di sini kamu hanya akan melihat hamparan bukit dengan rumput yang warnanya itu hijau kekuningan, ada juga beberapa pohon hijau yang tumbuh di sana.

Untuk harga tiket masuknya sendiri masih belum dipatok guys! Meski gitu, kamu harus serba hati-hati kalau main ke Bukit Liaga karena kontur jalannya yang masih licin dan belum ada perbaikan sebagai sebuah destinasi yang udah banyak dikunjungi!

Wisata Flobamora NTT : Sumba

Sumba, kita semua tau deh kayanya kalau salah satu pulau besar di NTT ini disebut-sebut mirip sama New Zealand? Gimana enggak guys? Di Sumba, kamu bakal nemuin banyak banget wisata alam perbukitan yang luas dengan padang savana serupa New Zealand cita rasa lokal!

Sumba NTT

Nah, omong-omong soal Sumba ini, buat kamu yang mau bertolak ke Sumba bisa dengan naik pesawat udara atau kapal laut dari Tanjung Perak, Surabaya. Asalkan gak jalan kaki aja guys! Hihi, nanti gempor!

Untuk kamu yang mau ke Sumba lewat jalur udara ini bisa bertolak dari Bandara Soekarno Hatta di Jakarta. Tapi sayangnya, dari Jakarta ke Sumba ini gak ada rute langsungnya. Kamu harus transit dulu di Bali atau di Kupang, NTT.

Dari Bali ke Sumba atau dari Kupang ke Sumba ini sama-sama hampir  memakan waktu selama 60 menit perjalanan. Untuk biaya total dari Jakarta ke Sumba ini berkisar antara 1,5 juta sampai 1,8 juta untuk maskapai biasa, dan mulai dari 2 juta rupiah untuk maskapai layanan penuh.

Nah, sampai di Sumba, kita bakal ulik nih ada destinasi wisata apa aja yang kiranya jarang banget diulas supaya kamu punya insight baru dan rekomendasi bucketlist liburan ke Sumba! Check this out!

  • Keindahan Alam Danau Weekuri, Sumba

Weekuri letaknya ada di Desa Kalenarogo, Kodi Utara, Sumba barat. Danau Weekuri punya nuansa warna air yang hijau kebiruan.

danau weekuri NTT

Kalau dibandingin sama danau-danau lain yang ada di sepanjang pulau NTT, Danau Weekuri ini cukup unik dan eksotis! Keunikannya ada di cara terbentuknya danau yang sebenernya ini adalah laguna lho guys!

Laguna atau Danau Weekuri ini terbentuk dari air laut yang masuk ke celah-celah tebing sehingga terkumpul dan membentuk danau. Jadi, Danau Weekuri ini dikelilingi oleh batu-batu karang yang gagah!

Keunikan lainnya, selain punya gradasi dari 2 warna, Danau Weekuri juga punya 2 suhu air lho guys! Ada air danau yang suhunya hangat, tapi ada juga yang dingin. Keren kan?

Untuk sampai ke Weekuri, dari Ibukota Sumba Barat Daya (Tambolaka), kamu bisa sewa kendaraan bermotor seharga 500 sampai 600 ribuan.

Dari Tambolaka ini, jarak ke Weekuri masih sekotar 600 kilometer guys! Itupun gak ada sama sekali petunjuk jalan yang bakal menuntun kamu. So … kamu harus cari driver yang merupakan warga lokal atau minimal sering-sering tanya arah jalan ke penduduk sekitar yaa!

Selama di perjalanan nanti, di sisi kiri jalan kamu bakal ketemu sama resort milik warga negara Prancis yang mengelola Pantai Mandorak. Nah, patokannya gak jauh dari situ kamu udah masuk ke wilayah Danau Weekuri.

Untuk harga tiket masuk di pos jaga sendiri dibanderol seikhlasnya aja guys! Jadi, kamu cuma perlu kasih uang sebaik dan seikhlas mungkin buat bantu masyarakat kelola danau ini yaa!

  • Nikmatin Oase di Tengah Tanah Gersang Sumba

Wisata yang satu ini jadi primadona karena suasananya yang digadang-gadang mirip sama Green Canyon di Amerika guys! Air Terjun Tanggedu ini lokasinya diapit sama tebing-tebing yang tinggi.

Air Terjun Tanggedu NTT

Warna air dari Air Terjun Tanggedu sendiri kebiruan. Air terjun ini seolah jadi oase di tengah padang savana Sumba. Tapi … kalau mau main ke Tanggedu, gak cocok kalau kamu bawa lansia atau bahkan anak-anak guys! Jalannya sendiri cukup jauh dan terjal, akan sulit dan membahayakan kalau kamu maksain bawa anak-anak atau orang yang rentan terjatuh!

Untuk sampai ke Air Terjun Tanggedu ini kamu bisa berangkat dari Waingapu selama 1,5 sampai 2 jam perjalanan. Uniknya, di sepanjang jalan nanti kamu bakal liat banyak Bunga Sakura yang bermekaran. Dijamin kamu gak akan berenti buka kamera untuk abadiin momen langkanya!

Buat dapetin momen mekarnya Bunga Sakura selama perjalanan, kamu harus coba berkunjung di antara Bulan September sampai November ya guys! Ini adalah waktunya Bunga Sakura bermekaran.

Sampai di Desa Tanggedu, kamu masih harus trekking denga jalur yang cukup terjal sejauh 2,5 km perjalanan guys! Untuk kondisi alam selama trekking ini dipenuhi dengan padang savana dan sungai-sungai kecil. Kamu juga akan melewati salah satu kampung adat, yaitu Painatang.

Untuk jam bukanya sendiri, Air Terjun Waingapu buka dari pukul 08.00 pagi sampai jam 17.00 sore waktu setempat. Harga tiketnya cukup 2000 per-orang aja guys! Murah kan?

Wisata Flobamora NTT: Timor

Kita sampai di Pulau Timor NTT. Coba siapa yang pernah wisata ke Pulau Timor? Masih terhitung gak sebanyak orang yang liburan ke Flores dan Sumba ya guys! Coba deh kita ulik yuk ada wisata apa di sini!

Pulau Timor jangan sampai dipandang sebelah mata soal wisata ya guys! Kita pernah bahas beberapa keindahan alam yang wajib dijadiin destinasi wisata di Pulau Timor. Sekarang coba kita bahas yang masih belum sering kedengaran di telinga kita sebagai wisatawan! Check this out!

  • Bukit Fatukopa yang Memanjakan Mata Dunia!

Bukit indah yang satu ini lokasinya ada di Timor Tengah Selatan. Bukit ini termasuk ke dalam bukit yang masih dikeramatkan selain Gunung Mutis lho guys!

bukit fatukopa timor ntt

Selain indahnya alam yang memukau mata dan dijadiin rangkaian wisata wajib di Timor, Fatukopa juga kaya sama nilai budayanya lho!

Salah satu kebudayaan di daerah ini adalah tarian legendaris Fatukopa yang bikin mata dunia terperangah! Bahkan tarian ini sempet juga tampil dalam festival dunia di Inggris!

Selain tariannya yang melegenda, Fatukopa juga terkenal karena bentuk bukitnya yang unik! Kalau di Bandung kita punya Gunung Tangkuban Perahu, di Fatukopa sendiri bentuk bukitnya juga menyerupai bahtera kapal yang terbalik.

Nah kalau jenisnya sendiri, Fatukopa ini termasuk ke bukit batuan kapur guys! Di sini juga kamu bisa kok bermalam dengan membangun tenda di camp area yang udah disediain!

Wisata Flobamora NTT: Alor

Alor, salah satu pulau yang letaknya ada di ujung timur dekat Pulau Flores ini ternyata menyimpan banyak destinasi wisata juga lho guys!

Keindahan Alor sendiri terkenal dengan wisata pantai dan perairannya yang keren abis! Alor juga punya julukan, julukannya adalah Bumi Kenari. Hal ini karena dulunya wilayah Alor banyak ditumbuhi sama pohon kenari guys!

Untuk akses dari Jakarta ke Alor sendiri, kamu bisa naik pesawat dengan jadwal transit dulu di Kupang guys! Jadi gak bisa ya kalau langsung pergi ke Alor.

Untuk maskapai penerbangannya sendiri, ada dari Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Citilink, Batik Air, sampai Lion Air. Harga tiket paling murahnya berkisar di harga 1 jutaan aja!

Dari Bandara El Tari, Kupang, kamu bisa lanjutin penerbangan ke Bandara Mali di Alor dengan harga tiket 300 ribu rupiah aja!

Nah, beberaoa rekomendasi destinasi wisata dari Pulau Alor ini diantaranya:

  • Desa Adat Takpala

Salah satu wilayah desa adat yang didiami oleh suku Abui ini ada di Alor Tengah. Nama desanya, Takpala. Keunikan dari desa ini adalah kehidupan masyarakatnya yang masih mempertahankan hidup tanpa listrik di tengah zaman yang udah serba benderang!

desa takpala alor ntt

Buat main ke Desa Adat Takpala ini kamu bisa pergi dari Ibu Kota Alor, Kalabahi, dengan menempuh perjalanan selama 3o menit aja. Dan desa ini lokasinya sendiri ada di atas bukit guys, so … harus serba hati-hati yaa!

  • Teluk Kabola

Ssst, kalau mau main ke Teluk Kabola, coba izin dulu sama penghuni tetapnya dari tahun 1999, seekor dugong bernama Mawar! Mawar ini adalah penghuni terlama kawasan SAP (Suaka Alam Perairan) di Selat Pantar, Alor.

teluk kabola ntt

Kalau mau ketemu sama Mawar, kamu bisa ikut pergi bareng perahu nelayan yang nantinya bakal berhenti di Pantai Mali dengan jarak 1,5 kilometer, dari Pelabuhan Mali.

Kalau mau main ke Teluk Kabola ini, kamu wajib membayar tiket sebesar 100 ribu rupiah buat masyarakat lokal dan 150 ribu rupiah buat wisatawan di luar wilayah Pulau Alor.

Tapi, kalau kamu mau coba main ke Teluk Kabola dan mau ketemu sama Mawar atau kawanan dugong lainnya, kamu gak boleh sesekali coba sentuh dugong ya guys! Hal ini karena dugong punya tenaga yang kuat buat nyeret kamu masuk ke dalam air! Mau berenang bareng dugong di alam bebas dan terbuka? Hihihi.

Oke guys! Akhirnya kamu udah selesai nih jalan-jalan di Rangkaian Wisata Flobamora NTT, hehe. Kalau kamu mau coba berkunjung untuk menjelajahi NTT alias sepanjang Flobamora kamu coba kunjungin, wajib banget buat prepare dan pilih akomodasi yang memadai ya guys!

Jangan lupa buat selalu jaga lingkungan juga walau lagi asyik liburan! Pastinya diluar pembahasan kita tadi pasti masih banyak kok wisata Flobamora yang masih tersembunyi! Nanti kita bahas di kesempatan lain ya guys … see you!

Comments

Leave a Reply