Libur Agustusan di Bau-bau, Nikmati Wisata Keraton sampai Pulau Eksotis

Libur Agustusan di Bau-bau, Nikmati Wisata Keraton sampai Pulau Eksotis – Libur Agustusan tinggal beberapa hari lagi nih! Tanggal 17 Agustus jatuh tepat di hari Kamis lho Sobat Indahnesia! Biasanya kalau nemu hari kejepit seperti hari Jumat minggu ini, para pekerja bakal ambil jatah cutinya nih! Hihi. Termasuk kamu?

Buat kamu yang mau liburan seru tapi bosen kalau ke Bali lagi, Yogyakarta lagi, atau bahkan ada nih yang bosen bolak-balik Labuan Bajo lagi? Calm down! Sekarang, kita mau rekomendasiin destinasi wisata yang jarang kedengeran dari Kota Bau-bau di Sulawesi Tenggara.

Gak jarang dari kita ngelewatin Sulawesi sebagai daerah yang juga banyak diisi sama objek wisata seru buat didatangin. Ya walaupun memang seluruh penjuru Indonesia kayanya layak kita kunjungin sebagai destinasi wisata. Tapi khusus Sulteng, kalian udah tau belum ada apa aja di sana? Mulai dari wisata budaya sampai pantai yang eksotis juga ada lho!

Beberapa wisata di Kota Bau-bau ini bisa aja bikin kamu susah buat move on. Penasaran gak sih guys? Intermezzo sedikit mengenai Kota Bau-bau, Bau-bau ini letaknya ada di Sulawesi Tenggara dan terkenal juga dengan objek wisata alamnya, beberapa mungkin belum terlalu familiar ya di telinga kita. So … ada apa aja sih di Bau-bau? Yuk kita bahas rekomendasi destinasi libur agustusan di Bau-bau Sulawesi Tenggara! Check this out!

Rekomendasi Destinasi Libur Agustusan di Bau-bau

Pulau Buton

Siapa yang gak kenal sama Pulau Buton? Salah satu pulau terbesar di Wakatobi ini jadi favoritnya para penyelam lho! Udah pasti dong kalau kaya gitu berarti keindahan lautnya gak bisa diraguin lagi!

Ngomongin soal Pulau Buton aja kayanya banyak destinasi wisata yang worth it juga untuk kamu kunjungin semuanya! Beberapa destinasi itu diantaranya:

  • Pantai Katembe

Libur Agustusan di Bau-bau

Pantai Katembe lokasinya ada di Buton Tengah. Pantai ini juga sempat terkenal sama legenda putri duyungnya lho! Hihi tenang, ini bukan putri duyung kaya ariel di film Disney yaa! Kalau kamu nyari ariel di sini sih gak akan ketemu soalnya, hihi.

Lokasi Pantai Katembe yang dekat dengan Pulau Muna ini sering dilewatin oleh hewan duyung atau dugong pada saat-saat tertentu di setiap tahunnya.

Pantai Katembe juga terkenal dengan hamparan pasir putih dan samudera birunya yang luas sejauh mata memandang. Sekitar 30 meter di bibir pantainya, terdapat sumur air tawar yang ternyata ini jadi cikal bakal nama Katembe yang berarti air tawar. Kalau ke sini sempetin untuk mampir dan main-main air sejenak ya guys!

  • Wisata Bawah Laut Basilika

Libur Agustusan di Bau-bau

Kalau ini sih udah gak usah dijelasin juga kayanya kalian tau deh yaa. Basilika adalah kawasan gugusan kepulauan yang punya aneka ragam terumbu karang berwarna-warni!

Walaupun di Buton banyak wisata bawah laut yang bisa kamu jelajahin, seperti pulau lainnya di Wakatobi, tapi Basilika juga menyimpan keindahannya tersendiri yang sayang banget kalau kamu lewatin.

So … jangan lupa cobain menyelam di Basilika yang jadi salah satu wisata kebanggaan dan langganan para diver ini yaa!

  • Benteng Kesultanan Buton

Benteng Kesultanan Buton

Usia dari Benteng Keraton Buton ini bahkan lebih tua dari kamu nih guys! Benteng yang punya luas wilayah sekitar 23.700 hektar ini usianya udah lebih dari ratusan tahun.

Uniknya, di dalam wilayah Benteng Keraton Buton ini masih ditinggali sama beberapa kepala keluarga, lho! Jadi benteng ini gak pernah sepi dan cocok  buat dikunjungin sama kamu tanpa harus merasa takut mengingat usianya sendiri yang udah tua dan jadi saksi bisu berbagai masa di Indonesia.

Benteng Keraton ini konon katanya dibangun sama pribumi dengan bebatuan karst yang ditempel satu sama lainnya dengan campuran putih telur, pasir, dan kapur.

Lokasi dari benteng ini sendiri ada di ketinggian 100 mdpl, dari ketinggian tersebut, kita bisa lho liat pemandangan alam Kota Buton serta Selat Bau-bau dan Pulau Muna yang indah.

Pantai Bone-bone

Pantai Bone-bone

Pantai yang satu ini cocok banget kamu kunjungin bareng keluarga, lho! Banyak yang bisa kamu lakuin di sini salah satunya adalah memancing.

Pantai Bone-bone punya banyak banget ikan yang berenang bebas di sekitar bibir pantai. Jangan lupa juga buat santap ikan hasil tangkapannya dengan cara dibakar biar lebih nikmat dan fresh!

Memancing, menyantap hasil tangkapan ikan langsung dari sumbernya, sambil nikmatin suasana alam dan semilir angin pantai ini udah jadi keharusan kalau kamu main ke Pantai Bone-bone!

Air Terjun Kowaguna

Air Terjun Kowaguna

Buat sampai ke Air Terjun Kowaguna, dari pusat kota Bau-bau kita cuma perlu luangin waktu perjalanan 15 menit aja. Terhitung cepat dan gak jauh ya guys!

Untuk transportasi ke Kowaguna ini juga udah gak susah lho! Kamu bisa naik sepeda motor atau bahkan mobil juga udah bisa akses jalan menuju ke air terjunnya Dari tempat parkirnya sendiri, kamu butuh jalan kaki lagi buat sampai di air terjun sejauh 100 meter aja. Mudah kan?

Air Terjun Kowaguna punya ketinggian sekitar 7 meter dengan 7 tingkat air terjun. Kalau mau main air di sini kamu harus koordinasi dulu dengan pengelola sekitar atau kalau bisa kamu pakai jasa tour guide lokal. Solanya, Kowaguna terhitung sebagai air terjun yang masih perawan. So … kita gatau di sekeliling air terjun ini ada hewan liar apa aja yang sewaktu-waktu bisa join liburan bareng kamu!

Perahu Wisata Mangrove

Libur Agustusan di Bau-bau

Udah bukan rahasia umum lagi kalau wisata menyusuri hutan mangrove ini jadi primadona di beberapa kawasan wisata mangrove.

Wisata keliling hutan bakau ini bisa jadi pilihan destinasi liburan sekeluarga. Liburan santai sambil nikmatin suasana tenang hutan bakau dijamin bikin rasa lelah dan penat pergi seketika.

Hutan Bakau ini lokasi tepatnya ada di Muara Lakologou, Kota Bau-bau. Ada 6 jenis tumbuhan mangrove yang tumbuh subur di sini. Diantaranya, Avicennia Marina, Rizhopora Mucronata, Sonneratia Alba, Ceriops Tagal, dan Caesolaris.

Di sekitaran muara juga biasanya ada beberapa nelayan yang hilir mudik mencari ikan dan kepiring di perairan Lakologou. Di sepanjang muara juga ada banyak wanita penduduk sekitar yang beraktivitas sambil mencari daun nipa.

Wisata hutan bakau ini bisa kasih experience baru dan seru buat kamu terutama yang udah bosen dengan wisata alam adrenalin yang nguras  banyak tenaga. So … wisata keliling hutan mangrove ini boleh banget kamu coba yaa!

Pantai Nirwana

Libur Agustusan di Bau-bau

Tebak! Dari namanya aja pasti kalian udah langsung berpikir kalau pantai ini indah banget! Saking indahnya sampai dinamain nirwana!

Secara harfiah, nirwana sendiri punya arti surga. Pantai ini sendiri punya pasir yang begitu putih, bersih, dan lembut dengan air laut yang jernih kebiruan bikin pantai ini bak reflika surga dunia.

Salah satu daya tarik dari pantai ini salah satunya gradasi air laut yang paling indah dan bisa kamu saksiin di sini! Kombinasi warna ini diantaranya biru kehijauan, putih, dan biru muda. Ditambah lagi kalau kamu datang di sore hari udah pasti bakal dapet bonus gradasi langit senja yang dramatis!

Itu dia beberapa rekomendasi tempat untuk libur agustusan di Bau-bau, Sulawesi Tenggara. Kalau main ke daerah timur Indonesia, sempetin juga buat singgah di Sulteng ya guys!

Comments

Leave a Reply