Solo Trip Hemat ke Labuan Bajo dari Jakarta!
solo trip hemat

Solo Trip Hemat ke Labuan Bajo dari Jakarta! – Kamu solo traveller Ibu Kota yang lagi sibuk cari cara liburan ke Labuan Bajo dengan budget yang di-press alias hemat? Udah paling bener kamu tetap stay di artikel ini!

Solo travelling jadi idaman para anak muda yang hobi kesana-kemari tapi males bikin rencana bareng banyak orang dan berujung wacana. Di lain sisi, solo trip ini bisa jadi ajang aktualisasi diri, alias kenalan lebih jauh dengan diri sendiri selama dalam perjalanan!

Solo travelling jadi agenda menarik buat kamu lakuin minimal 1 kali dalam seumur hidup! Apalagi saat kamu masih single. Kalau kamu orangnya anti ribet, anti menunggu, dan mungkin lagi butuh refreshing kilat dan gak banyak wacana, liburan sendirian ini bisa jadi solusi yang tepat banget!

Beberapa manfaat dari solo travelling yang bisa kamu rasain itu banyak lho! Diantaranya:

  • Jadi Pandai Menyusun Agenda atau Rencana Perjalanan Sendiri

Ada kalanya, kamu ikut dalam sebuah perjalanan bareng teman-teman, mengikuti agenda bersama, padahal kamu sendiri gak sreg dengan tempat yang mau dikunjungi, budget yang harus dikeluarin, dan waktu yang harus disesuaikan.

Nah … dengan kamu ngerencanain perjalananmu sendiri, di sini kamu punya hak veto buat nentuin kemana kamu mau pergi dan healing, serta berapa sih budget yang kamu punya tanpa harus mikirin gaya liburan yang gak sesuai dengan maunya kamu!

  • Mengenal Diri Sendiri dan Jadi Lebih Mandiri

Nyiapin segala sesuatunya sendiri, mulai dari transportasi yang mau dipilih, tempat wisata yang akan dikunjungi, sampai pengaturan budget juga sendiri, rasa-rasanya dunia jadi milik sendiri, hihihi.

Dengan solo trip seperti ini, tentu aja kamu bisa melatih kemandirian kamu nih Sobat Indahnesia! Belum lagi kalau sepanjang perjalanan cuma ada kamu dan orang-orang baru yang kamu temuin, pastinya kamu jadi lebih bisa mengenal diri sendiri, merubuhkan tembok rasa takut bepergian sendirian, dan masih banyak lagi! Menarik kan?

  • Cara Sembuh paling Ampuh

Kalau lagi ngerasain sedih, mumet dengan kerjaan sehari-hari, solo travelling bisa jadi obat paling ampuh buat kamu pulihin lagi energi yang udah terkuras habis!

Dengan bertemu teman baru, melewati perjalanan yang cukup panjang sendirian, dan menyatu dengan alam, ini bisa bikin kamu melihat dunia lebih luas lagi, meng-handle diri sendiri, dan mengatur emosi kamu selama solo trip!

Buat kamu yang mau coba solo travelling, seru juga lho kalau pergi ke Labuan Bajo! Kalau kamu berangkat dari Ibu Kota dan sekitarnya, pasti yang ada di pikiran kamu, “apa biayanya gak mahal yaa?”.

Tenang, ini dia beberapa tips Solo Trip Hemat buat kamu yang mau coba liburan sendirian ke Labuan Bajo! Check This Out!

Tips Solo Trip Hemat ke Labuan Bajo

  • Luangkan Waktu yang Lebih Panjang dan Pilih Transportasi yang Terjangkau

Kalau mau solo travelling, memang ada baiknya kita persiapan dengan matang ya guys! Gak lupa juga buat selalu luangin waktu yang panjang kalau memang kamu mau lebih menghemat biaya, terutama selama perjalanan!

Soalnya, kalau kamu punya waktu yang lebih lama, kamu bisa lho memilih transportasi darat atau laut ketimbang udara agar biaya yang dikeluarin juga lebih minim.

Rekomendasi akomodasi perjalanan buat kamu yang lagi pengen menghemat budget adalah dengan menaiki kereta. Kalau kamu berangkat dari Jakarta, kamu bisa nih naik kereta dari Stasiun Pasar Senen ke Stasiun Pasar Turi dengan harga tiket 230 ribu!

Dari Pasar Turi Surabaya ini kamu bisa menaiki bus menuju ke pelabuhan untuk melanjutkan perjalanan dengan kapal laut ke Labuan Bajo, jumlah uang yang harus kamu keluarin selama perjalanan dengan kapal laut ini sebesar 320 ribu rupiah.

Meskipun murah, tapi perjalanan darat dan laut ini bisa memakan waktu cukup lama lho! Bahkan kamu bisa aja menghabiskan 34 jam waktu kamu di perjalanan. Tapi percaya deh, dengan metode perjalanan seperti ini, kamu bisa jadi lebih menghargai esensi perjalanan dan waktu yang kamu luangin!

  • Buat Rencana Keuangan yang Matang

Baiknya, sebelum kamu bepergian sendirian, kamu harus mastiin kalau semua rencana perjalanan dan alokasi keuangan kamu jelas.

Selama perjalanan nanti, gak ada orang yang akan ikut bareng kamu dari mulai berangkat sampai pulang ke rumah lagi, so … udah saatnya kamu mulai aware sama kondisi keuangan selama perjalanan.

Ada baiknya juga kamu tetapin anggaran maksimal yang bisa kamu keluarin selama liburan. Jangan sampai pengeluaran kamu melebihi anggaran itu yaa, apalagi sampai sistem tutup lubang dan nyentuh uang tabunganmu yang lain!

  • Sewa Kendaraan dari Jauh-jauh Hari

Kalau kamu punya rencana destinasi wisata lebih dari 1 tempat, ada baiknya kamu juga sewa kendaraan dari jauh-jauh hari, terutama kalau kamu liburan ke daerah di Labuan Bajo yang masih gak kejangkau kendaraan umum.

Kenapa pilih sewa kendaraan dari jauh-jauh hari? Hal ini supaya meminimalisir kamu dapet kendaraan sewaan di detik-detik terakhir liburan yang biasanya harga sewanya pun jadi jauh lebih mahal.

Selain itu, kalau kamu sewa atau booking lebih awal, bisa mengurangi risiko dapet kendaraan yang gak prima kondisinya. Kamu juga bisa jauh lebih tenang dan gak khawatir kalau nanti kesulitan dapet akomodasi selama liburan. Yang pasti, biar liburan kamu makin sat-set!

  • Pilih Paket Wisata yang Sesuai dengan Budget Kamu

Kalau kamu baru pertama kali melakukan solo travelling, ada baiknya kamu coba pakai jasa paket wisata dari tour and travel terpercaya!

Gak lupa, sesuaikan juga budgetnya dengan rencana keuangan yang udah kamu buat. Dengan menggunakan jasa atau paket wisata dari tour and travel ini, nantinya liburan kamu bisa lebih terarah.

Itu dia beberapa tips supaya liburan kamu dari Jakarta ke Labuan Bajo bisa jauh lebih hemat! Gak ada salahnya kok kalau kamu mau lakuin perjalanan dan liburan sendirian sesekali.

Bukan berarti kamu gak butuh teman yaa, tapi terkadang, demi mencapai titik healing yang sesungguhnya, kamu perlu lebih mengenal diri sendiri dengan ngelakuin perjalanan jauh nih Sobat Indahnesia! Jadi gimana? Kapan kamu mau solo travelling ke Labuan Bajo?!

Comments

Leave a Reply