Destinasi Wisata Bukit Tuamese, Raja Ampatnya NTT!
Destinasi Wisata Bukit Tuamese

Destinasi Wisata Bukit Tuamese, Raja Ampatnya NTT! – Siapa bilang kalau mau ke Raja Ampat harus pergi ke Papua dulu? Kalau kamu maunya liburan ke Nusa Tenggara Timur, ada rekomendasi tempat liburan yang mirip Raja Ampat juga, lho! Penasaran?

Destinasi yang mau kita bahas ini letaknya ada di Desa Tuamese, Kecamatan Biboki Aenleu, Kabupaten TTU, Pulau Timor, NTT. Lokasinya ada di perbatasan negara antara Indonesia dan Timor Leste! So … ini ada di ujung Indonesia banget nih guys! Tapi … kalau kamu ke sini, sepadan dengan pemandangan GRATIS yang bisa kamu nikmatin kok! Iya! Gratis tis tis! Penasaran kan?

Lokasi wisata di Pulau Timor Indonesia memang belum terlalu terkenal seperti di Bali ya guys! Tapi, destinasi wisata di Pulau Timor ini layak kok untuk kamu kunjungin. Apalagi, masih banyak juga destinasi wisata murah yang pemandangannya enggak murahan!

Seperti yang satu ini! Perjalanan kamu ke Bukit Tuamese memang bisa dibilang cukup mudah, tapi butuh waktu yang lama dan kamu harus bisa sabar. Kalau kamu pergi dari luar kota atau bahkan luar pulau, kamu bisa naik pesawat dengan tujuan ke Bandara Atambua.

Apa aja sih yang bisa kamu nikmatin kalau main ke Bukit Tuamese ini? Simak infonya yuk! Check this out!

Daya Tarik Destinasi Wisata Bukit Tuamese

Destinasi Wisata Bukit Tuamese

  • Wisata Gratis yang Cantik Banget!

Kamu enggak salah baca! Wisata ke Bukit Tuamese masih terbilang gratis dan gak dipatok harga tiketnya lho guys! Dengan pemandangan alam yang luar biasa indah, kamu udah bisa ngerasain wisata gratis yang enggak kaleng-kaleng!

Meskipun gratis, kamu bisa nikmatin fasilitas yang memadai, seperti lahan parkir yang luas dan juga sama gratisnya. Belum lagi fasilitas spot foto yang beragam, seperti landmark Bukit Tuamese, sampai spot foto dengan properti yang udah disediain sama pengelolanya!

Sebenarnya, wisata Bukit Tuamese ini gak worth it untuk digratiskan lho guys! Karena, dengan sajian alam yang luar biasa cantik ini rasanya sangat berharga kalau harus dikunjungin dengan cuma-cuma! Makanya, kalau kamu mutusin buat berkunjung ke sini, jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan ya Sobat Indahnesia!

  • Daya Tarik Wisata Serupa Raja Ampat di Papua!

Serupa walau tak sama! Ya begitulah kiranya yang akan kamu rasakan kalau berkunjung ke Bukit Tuamese! Salah satu view yang bikin Tuamese dijuluki bak wisata Raja Ampat adalah gundukan bukit yang hijau dan berjajar dengan air danaunya yang berwarna kebiruan.

Beberapa bukit di Tuamese ini juga ternyata bisa kamu daki lho! Nah uniknya lagi, beberapa bukit ini punya view yang berbeda, tergantung kamu datang sewaktu musim hujan atau musim kemarau. Kalau musim hujan, udah dipastiin nih bukitnya bakal penuh sama rerumputan, ala-ala padang savana gitu deh!

Walaupun kamu datangnya pas lagi musim kemarau, tapi jangan sedih ya guys! Karena pemandangan alam di Nusa Tenggara Timur, di belahan destinasi wisata manapun pastinya bakal bikin kamu tetap terpesona! Gak percaya? Coba aja datang dan rasain sensasi liburan murah ala negeri dongeng ini!

  • Pernah Dijadiin Lokasi Syuting Film, Lho!

Siapa yang gak tau Pevita Pearce? Iya, artis cantik Indonesia yang satu ini juga pernah mampir di Tuamese, lho! Kalau gak percaya, coba tanya sendiri deh! Hehe.

Lokasi wisata Bukit Tuamese pernah dijadiin lokasi syuting salah satu film garapan Ari Sihasale yang juga dibintangi oleh artis cantik Pevita Pearce. Funfact yang beneran fun bukan?! Coba deh kamu tonton filmnya kalau penasaran sama keindahan Bukit Tuamese sebelum datang langsung ke sini!

  • Lokasi yang Tepat Buat Liat Sunset!

Kalau yang kamu hunting adalah semburat warna langit yang indah dikala perpindahan antara siang dan malam, cocok banget kalau kamu datang ke Bukit Tuamese ini!

Udah gratis, dapet pemandangan dan atraksi alam yang keren lagi! Untuk menuju ke atas bukit di Tuamese ini, kamu memang butuh effort dan trekking yang cukup memakan waktu.

Tapi meski begitu, di kanan kiri sepanjang perjalanan, kamu bakal ditemenin sama suasana alam yang hijau dan asri, juga pemandangan air laut yang udah menyapa kamu di depan sana. Dijamin bakal semangat terus selama perjalanan deh!

Karena keindahan atraksi sunset ini juga, Tuamese akan ramai dikunjungi pada siang menuju ke sore hari. So … kamu bisa curi start lebih dulu dan nongkrong di Tuamese dari pagi nih guys! Hihi!

  • Spot Fotonya Memadai Banget

Landmark Bukit Tuamese

Buat kamu yang hobi selfie dan harus punya kenang-kenangan manis setiap mengunjungi tempat wisata, ada baiknya coba beberapa spot foto yang tersedia di sini guys!

Beberapa spot foto yang bisa kamu cobain diantaranya adalah Landmark Bukit Tuamese. Kamu tau dong kalau kita berkunjung ke suatu daerah, udah wajib hukumnya punya kenang-kenangan dengan “watermark” dari daerah itu sendiri. Untuk itu, cobalah naik-naik ke atas bukit dan berswafoto di sini ya! Biar enggak dikira no face, no case! Hihihi.

Ada spot foto lainnya juga lho, salah satunya adalah lambang hati besar yang ada di atas bukit juga dengan background danau yang berwarna biru. Kalau foto di sini sih cocoknya buat orang-orang yang gak jomblo ya guys! Alias, ajak kekasih dan orang tersayang kamu buat bikin kenangan bareng di spot yang satu ini!

Itu dia beberapa daya tarik yang bisa kamu nikmatin di Bukit Tuamese. Beberapa hal yang bisa kamu nikmatin secara cuma-cuma ini patut banget tetap kamu jaga kelestariannya ya! Untuk itu, yuk kita simak juga beberapa tips berwisata di Bukit Tuamese yang satu ini!

Tips Berwisata di Bukit Tuamese

  • Pakai Alas Kaki Anti-Slip Biar Enggak Licin!

Khusus buat kamu yang mau coba trekking ke atas puncak Bukit Tuamese, ada baiknya pakai sepatu khusus trekking atau minimal sepatu yang anti-slip ya!

Jangan sampai kamu pakai sendal apalagi high heels! Aduh enggak banget deh! Sesuaikan outfit kamu dengan kondisi medan yang bakal kamu tempuh nanti. Ini menghindari insiden yang gak diinginkan dan juga biar kamu dan rombonganmu enggak kelimpungan!

  • Coba Pakai Sunscreen dan Kacamata Hitam

Yang paling penting kalau mau wisata outdoor itu, lindungin kulit kamu dari paparan sinar matahari berlebih dengan pakai sunscreen dan sunblock yaa!

Udah gitu, jangan lupa juga pakai kacamata hitam biar tambah keren dan kamu enggak pusing liat sinar matahari yang menyorot mata, apalagi kalau kamu berkunjung ke sini di musim kemarau

  • Bawa Makanan Sendiri, Tapi Tetap Jaga Kebersihannya Ya!

Saran dari Mimin sih kamu tetap harus bawa makanan sendiri ya guys! Kenapa begitu? Karena di sini gak akan ada pedagang kaki lima, kedai, apalagi kafe! Kamu harus bawa camilan dan minum sendiri biar perut enggak bunyi apalagi pas lagi capek-capeknya!

Tapi, kamu harus tetap jaga kebersihan dan jangan usil dengan buang sampah bekas makanannya sembarangan yaa! Sudah diberi wisata gratis dan indah, kitalah yang harus mau sama-sama menjaganya dengan arif dan bijaksana! Bukan begitu guys?!

Nah itu dia beberapa tips sederhana yang sebenarnya udah pasti kamu pahami juga! Kalau gitu, kapan nih kamu mau berkunjung ke Bukit Tuamese atau ke destinasi wisata NTT lainnya bareng Indahnesia?! Hihi, ditunggu yaa!

Comments

Leave a Reply