Rekomendasi Wisata Rote Ndao, Kabupaten Terselatan Nusantara!

Rekomendasi Wisata Rote Ndao, Kabupaten Terselatan Nusantara! – Rote Ndao, terdengar gak familiar ya? Kenalin, ini adalah daerah dengan lokasi titik nol paling selatan di jajaran pulau-pulau yang ada di Nusantara dan baru aja diresmikan bulan Januari lalu, lho!

Rote Ndao punya kebudayaan dan keunikan yang merata hingga di seluruh pulau-pulau kecil yang ada di Kabupaten ini! Seperti yang gak asing terdengar di telinga kita, Pulau Rote, Pulau Ndao, Pulau Ndana, Pulau Usu, Pulau Panama, Pulau Manuk, Pulau Dao, Pulau Helinda, dan Pulau Landu.

Nah, ada fakta unik dari Kabupaten Rote Ndao juga lho! Menurut Jurnal Flores, katanya orang-orang Rote Ndao dan budaya serta kearifan lokalnya ini pada mulanya bermigrasi dari Pulau Seram di Maluku. Intermezzo sedikit nih guys, menurut legenda, dahulu kala ada pelaut asal Portugis yang mendaratkan perahunya di pulau ini dan bertanya, “pulau apakah ini?” lalu dijawab oleh seorang nelayan dengan nama dirinya sendiri, “Rote”. Alhasil, pelaut Portugis itu mengira pulau ini bernama Pulau Rote. Unik juga ya guys asal usulnya!

Secara geografis, letak wilayah dari Kabupaten Rote Ndao ini sebagian besarnya ada di pulau Rote dan sisanya terdiri dari pulau-pulau kecil lainnya yang membentuk satu kesatuan, Kabupaten Rote Ndao. Seolah gak terlepas dari pesona alamnya, Kabupaten Rote punya rekomendasi wisata untuk kamu yang lagi bingung cari destinasi wisata lain di NTT, tentu selain yang sudah tersohor seperti Labuan Bajo atau Sumba. Yuk kita simak informasinya! Check this out!

Rekomendasi Wisata Rote Ndao

1. Pulau Landu sebagai Desa Paling Ujung Selatan di Indonesia

Selamat datang di desa paling selatannya Indonesia nih guys! Yap! Pulau Landu! Di ujung Pulau Rote kamu akan menemukan Pantai Desa Batutua, nah dari desa ini, tepatnya 30 menit dengan perahu kayu, kamu sudah bisa menjangkau desa paling ujung dari Indonesia, Pulau Landu!

Buat kamu yang menyukai pemandangan asri dari rerumputan yang menghampar luas, cocok banget melakukan perjalanan dari Batutua ke Pulau Landu! Karena, sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan dengan indahnya padang sabana yang luas!

Ada hal unik lainnya dari Pulau Landu, yaitu transportasi warganya bukanlah sepeda motor ataupun mobil. Akan tetapi masyarakat di sini memanfaatkan perahu motor guna menjangkau Pulau Rote untuk membeli keperluan sehari-hari.

2. Pantai Tolanamon

Pantai Tolanamon

Pantai ini lokasinya ada di Desa Inaoe, Rote Selatan. Dalam bahasa Rote, Tolanamon mempunyai arti “teluk yang menusuk”, hal ini lantaran kondisi pantainya yang menjorok tajam ke arah lautan. Pantai Tolanamon sendiri ternyata memang berada di teluk dekat Samudera Pasifik guys!

Sepanjang pantai, kamu disuguhkan dengan hamparan pasit putih yang bersih ditambah dengan deretan pepohonan rindang yang hijau. Sesekali juga kamu akan berjumpa dengan Burung Camar yang berlalu lalang atau sekedar bertengger manis di atas dahan pohon yang rindang.

3. Pantai Tiang Bendera

Pantai Tiang Bendera

Sudah bisa menebak kenapa diberi nama “Tiang Bendera”? Di Pantai Tiang Bendera ini ternyata kamu akan mendapati sebuah tugu di atas bukit yang biasa disebut sebagai tiang bendera. Pantai Tiang Bendera letaknya ada di Baadale, Lobain, Pulau Rote, Kabupaten Rote Ndao.

Pantai Tiang Bendera berdiri di atas batu karang yang kokoh dengan spot melihat sunsetnya yang sangat indah! Nah, buat kamu yang tertarik mengunjungi pantai ini, tenang aja, kamu gak usah khawatir bingung cari tempat bersantai di pinggir pantainya! Karena di setiap pesisir pantai sudah disediakan fasilitas gazebo atau lopo-lopo untuk sekedar bersantai.

4. Telaga Nirwana yang Benar-benar Seperti Replika Surga

Telaga Nirwana

Telaga Nirwana berlokasi di Dusun Kotalai, Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao. Seperti namanya, telaga yang satu ini merupakan replika dari nirwana atau surga, hihi.

Kabar kurang sedapnya ketika mau berkunjung ke sini adalah perjalanan yang ditempuh sangatlah jauh dan lama. Usai melewati jalur darat yang cukup memakan waktu lama, kamu masih harus menyusuri perairan dengan menyewa perahu dari warga lokal.

Tapi tenang, saat sampai di sana, Sobat Indahnesia akan disambut dengan pemandangan air yang tampak sangat jernih dan menyegarkan.

Selain nikmat dipandang, telaga yang satu ini juga sangat aman untuk kamu yang punya hobi berenang, apalagi perairan di sekitarnya sangatlah tenang.

Untuk kamu yang mau berkunjung ke Telaga Nirwana juga ada baiknya membawa drone atau boleh juga nih menyewa alat tersebut. Pasalnya, di sini kamu akan menemui sebuat batu yang berbentuk seperti hati dan sangat indah kalau kamu abadikan dari ketinggian!

batu hati telaga nirwana

5. Pantai Mulut Seribu

pantai mulut seribu

Satu lagi nih keindahan alam yang unik banget di Kabupaten Rote Ndao, selain batu hati di Telaga Nirwana, Pantai Mulut Seribu! Pantai ini dinamai mulut seribu karena jika dilihat dari ketinggian terdapat banyak sekali batu karang yang berbentuk seperti mulut-mulut gua.

Jika kamu menggunakan kapal untuk menyusuri Pantai Mulut Seribu, maka kamu akan dibawa ke dalam sensasi menyusuri lautan dengan tebing di kanan dan kirinya yang memukau mata! Untuk merasakan sensasi menjelajahi perairan Mulut Seribu ini, kamu disarankan untuk menyewa kapal milik warga lokal sebesar 500-1 juta rupiah dalam 1 kali tour!

6. Mata Air Oemau

mata air oemau

Kali ini, kamu diajak mengunjungi salah satu oase terbesar di selatan Nusantara, Mata Air Oemau. Mata air ini menjelma seperti sebuah anugerah di tengah cuaca panas yang mendera! Ditambah lagi warna mata airnya yang biru berkilau membuat siapapun terkesima pastinya! Termasuk kamu kah?

Di kolam mata air ini terdapat ikan-ikan kecil yang imut dan juga kamu bisa berenang atau berendam bersama mereka di dalamnya! Belum lagi, ikan-ikan ini juga bisa jadi terapi untukmu lho! Karena, ikan-ikan kecil ini akan menggerogoti sel-sel kulit mati yang ada di kaki kamu! Hihi, geli-geli gitu deh rasanya!

7. Pantai Oeseli

rekomendasi wisata rote ndao

Pantai Oeseli dikelilingi dengan bebatuan-bebatuan cadas yang saling bertumpukan. Tapi tenang, meskipun dikelilingi batuan karang, pantai ini punya air laut yang cukup tenang!

Bisa dibilang, Pantai Oeseli ini juga punya posisi yang tersembunyi dan berada di ujung pulau. Oleh karena itu, di sini kamu akan jarang sekali mendapati orang-orang yang  berwisata, baik dari warga lokal, turis domestik, ataupun mancanegara. Tapi jangan berkecil hati, pantai ini tetap aman kok kalaupun kamu harus mengunjunginya sendirian.

8. Pantai Bo’a

rekomendasi wisata rote ndao

Kalau pantai yang satu ini pasti akan membuat kamu terpukau karena kegagahan ombaknya! Gimana enggak? Pantai ini saja berhasil membuat dunia terpesona dengan ketinggian ombaknya yang mencapai 7 meter, lho!

Meski begitu, pantai ini tetap ramah bagi kamu yang ingin menikmati pesisirnya yang berisi hamparan pasir putih nan lembut. Gak hanya itu, kamu juga masih bisa kok untuk snorkeling atau berenang menikmati kejernihan air di Pantai Bo’a

Nah, itu dia beberapa rekomendasi wisata Rote Ndao yang bisa kamu masukin ke bucketlist liburan kamu ya guys! Selain wisata alamnya, Rote Ndao juga punya ragam keunikan mulai dari gaya kepemimpinan masyarakatnya, hingga filosofis hidupnya yang sarat akan makna budaya dan kearifan lokal!

Masyarakat Rote Ndao memiliki lapisan teratas sebagai pemimpin yang disebut sebagai Mane Leo (Leo Mane) yang menjadi pemimpin suatu klan dan didampingi oleh Leo Fetor (Wakil Raja) yang merupakan gelar kehormatan untuk keluarga dari Mane Leo.

Orang-orang di Rote memiliki sebuah filosofi hidup, yakni Mao Tua Do Lefe Bafi yang artinya kehidupan dapat bersumber cukup dengan mengiris tuak dan memelihara babi. Sangat sarat akan nilai budaya dan kebiasaan masyarakat Rote Ndao bukan? Dengan demikian, orang-orang Rote ini banyak sekali yang bermukim di wilayah-wilayah yang kaya akan hasil alam lontar, hal ini berkaitan dengan mata pencaharian yang cukup besar di Rote Ndao, yaitu mengiris tuak!

Demikian artikel ini guys! Semoga kamu bisa berkesempatan mengunjungi Rote Ndao yaa! Dan jangan lupa untuk selalu mencintai dan menghormati budaya Indonesia dari belahan Nusantara manapun yaa guys!

Comments

Leave a Reply