Fakta Labuan Bajo Dijadikan Lokasi KTT Asean Ke-42!
fakta labuan bajo

Fakta Labuan Bajo Dijadikan Lokasi KTT Asean ke-42! – Pemerintah lagi sibuk-sibuknya mempersiapkan perhelatan akbar, KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) Asean yang ke-42 nih guys! Dan yang patut dibanggakan adalah KTT Asean ini akan diselenggarakan di Labuan Bajo lho! Iya, Labuan Bajo, destinasi wisata kecintaannya para warga Indonesia dan turis mancanegara itu! Kira-kira kenapa ya pemerintah memilih Labuan Bajo sebagai tuan rumah acara ini? Apa ada keuntungan yang akan diperoleh terutama pada sektor pariwisata di Labuan Bajo nantinya? Yuk intip faktanya berikut ini!

Alasan Labuan Bajo Terpilih Sebagai Lokasi KTT Asean ke-42

KTT Asean akan diselenggarakan pada tanggal 10-11 Mei mendatang di Indonesia! Para pemimpin negara-negara se-ASEAN nantinya akan berkumpul di Labuan Bajo sebagai tamu kehormatan Bangsa Indonesia. Sebenarnya apa sih keunikan Labuan Bajo hingga dijadikan lokasi perhelatan KTT Asean ini?

1. Merupakan Destinasi Wisata Super Prioritas

Labuan Bajo merupakan destinasi wisata yang seharusnya sudah gak asing lagi bahkan di telinga turis mancanegara. Labuan Bajo sendiri terletak di ujung barat Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, yang menyimpan sejuta kekayaan alam bahari dan patut kita banggakan! Nah kalau kamu pernah berkunjung ke Pulau Rinca atau Pulau Komodo, Labuan Bajo adalah “gerbang” menuju surga dunia itu. Gak ayal siapapun orang yang pernah ke Pulau Komodo pasti tau Labuan Bajo, mungkin termasuk kamu juga?

2. Keindahan Alam Labuan Bajo Bak Surga Dunia

Potensi wisata di Labuan Bajo ini gak bisa kamu pandang sebelah mata lho! Kalau kamu berkunjung ke sini, pasti bisa merasakan sendiri surga dunia yang nyata adanya! Nah potensi inilah yang membuat pemerintah berupaya menjadikan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata yang patut dikunjungi! Maka gak heran kalau KTT Asean ke-42 ini juga diselenggarakan di kota ini. Nantinya diharapkan Labuan Bajo semakin dikenal luas baik oleh masyarakat dunia.

3. Sebagai Upaya Peningkatan Sektor Pariwisata

Senada dengan poin pertama nih guys! Bahwa pemerintah sedang giat menjadikan Labuan Bajo sebagai Wisata Super Prioritas. Upaya menjadikan Labuan Bajo sebagai tuan rumah KTT Asean 2023 tentu aja langkah yang brilian dalam megoptimalkan segala keindahan alam yang dimiliki Labuan Bajo.

Harapannya, dengan terlaksananya event ini di Labuan Bajo, destinasi wisata terkenal di Indonesia nantinya gak hanya Bali, tapi juga disusul oleh Labuan Bajo! Menteri Luar Negeri, Retno Lestari Priansari Marsudi, LL.M. mengatakan bahwa, ” … ini merupakan kesempatan yang baik untuk mempromosikan Labuan Bajo di ASEAN dan tentunya untuk dunia!”

Itu dia beberapa alasan kenapa Labuan Bajo dijadikan sebagai tuan rumah KTT ASEAN mendatang! Event ini juga menjadi langkah jitu dalam meningkatkan infrastruktur pendukung dan penataan kawasan wisata di sekitar Labuan Bajo lho guys! Buktinya saja Bandara Komodo wilayahnya diperluas sekitar 2.600 meter, landasan ini juga katanya masih akan diperpanjang lagi hingga 100 meter! Hal ini akan memudahkan landasan untuk menjadi tempat mendaratnya pesawat berbadan lebar.

Selain itu, pemerintah juga mengupayakan penataan kawasan di sekitar Labuan Bajo, lho! Mulai dari ditambahnya hunian-hunian atau homestay untuk para tamu hingga penataan yang dilakukan di Pulau Rinca. Kedepannya, Pulau Rinca ini akan difokuskan sebagai tempat wisata untuk melihat Komodo, sementara Pulau Komodo dan Pulau Padar nantinya akan difokuskan sebagai tempat konservasi.

Nah, gimana guys? Bangga kan kalau sektor pariwisata sekelas Labuan Bajo yang indah ini bisa dikenal luas di mancanegara? Tentunya hal ini akan berdampak signifikan juga terhadap kesejahteraan SDM setempat. Yuk kita doakan agar event besar ini berjalan dengan lancar dan pariwisata Labuan Bajo pun semakin di depan!

 

 

 

 

Comments

Leave a Reply