Se’i Sapi Khas NTT, Bukan Sekedar Daging Asap Biasa!
Se'i Sapi Khas NTT

Se’i Sapi Khas NTT ini bukan sekedar daging asap biasa, lho! Kalau berkunjung ke Nusa Tenggara Timur, wajib sekali untuk mencoba menikmati daging asap langsung dari daerah asalnya! Se’i Sapi merupakan olahan daging khas Nusa Tenggara Timur yang cara pengolahannya itu dengan diasap. Se’i sendiri berarti disayat dalam ukuran kecil dan memanjang. Sekilas panganan ini terlihat sangat mewah dan tampak seperti daging pada sajian grill khas negeri tetangga, bukan? Hm, menggiurkan!

Daging asap khas NTT ini juga diasap bukan tanpa tujuan, lho! Di daerah Timur Indonesia cenderung memiliki wilayah dengan iklim dan cuaca yang kering, sehingga metode pengasapan pada daging ini dilakukan untuk mengawetkan dan menjaga nutrisi dalam olahan daging itu sendiri.

Secara kasat mata, Se’i Sapi memang terlihat seperti slice beef atau smoke beef lainnya, tapi tentu ada perbedaan di dalamnya yang cukup ikonik. Mau tahu? Simak sampai tuntas!

Apa Perbedaan Se’i Sapi NTT dengan Daging Asap lain?

1. Penyajian & Ketebalan Daging

se'i sapi khas ntt

Pada umumnya, daging asap diasap dan disajikan dalam bentuk daging yang dipotong-potong, lain halnya dengan Se’i Sapi. Se’i Sapi disajikan dengan cara disayat-sayat tipis dan kecil lalu diasap, sesuai dengan namanya, Se’i yang berarti disayat atau diiris kecil. Biasanya, daging asap itu diasap dulu baru dipotong menjadi bagian-bagian kecil, sedangkan se’i sapi diiris tipis dulu barulah diasap.

2. Cara Memasak

Ada yang pernah menyaksikan langsung proses pembuatan Se’i Sapi di NTT? Jika daging asap pada umumnya dimasak dengan cara diasap secara utuh, lain halnya dengan Se’i Sapi. Se’i Sapi akan diiris kecil lalu diasap. Dan yang uniknya, Se’i diasap dengan cara ditutup daun kosambi di atas tumpukan dagingnya. Seperti yang pernah kita bahas, daun kosambi sendiri merupakan daun dari buah khas di NTT! Wah, pasti cita rasanya unik ya!

Mengetahui beberapa keunikan Se’i Sapi dari sisi proses pembuatan dan karakteristik makanannya pasti sudah cukup menggiurkan dan membuatmu ingin mencoba, ‘kan? Se’i Sapi sendiri masih memiliki beberapa poin keunikan yang wajib kamu tau nih, Sobat Indahnesia!

Fakta Unik Se’i Sapi, Makanan Khas dari NTT

1. Se’i Punya Aroma dan Tekstur yang Khas

se'i sapi khas ntt

Metode mengolah daging dengan cara diasap merupakan warisan turun temurun dari nenek moyang masyarakat NTT. Metode ini selain akan membuat daging awet, tapi juga memberikan aroma asap yang unik dan juga daging akan terasa lebih lembut. Ditambah lagi, pada saat proses pengasapan, tumpukan daging Se’i akan ditutupi dengan Daun Kesambi/Kosambi. Proses ini tentu saja semakin menambah cita rasa khas Se’i Sapi dari NTT.

2. Nikmat jika Berpadu dengan Sambal

se'i sapi khas ntt

Se’i Sapi akan terasa sangat lezat jika kamu menyantapnya dengan sambal. Se’i yang merupakan olahan daging sangat cocok disandingkan dengan sambal pedas khas Indonesia, seperti sambal daun jeruk atau sambal lu’at khas NTT.

3. Hadir dengan Lebih Modern

se'i sapi khas ntt

Se’i Sapi sempat viral dan sangat digemari di Indonesia beberapa waktu lalu. Kedai-kedai yang menyajian Se’i Sapi sebagai menu olahan utama juga mulai menjamur di beberapa daerah. Hal ini menyiratkan bahwa daging asap khas NTT ini sangat disukai bahkan oleh anak muda! Menarik! Se’i juga hadir dengan rasa dan inovasi yang jauh lebih kekinian disesuaikan dengan kondisi pasar kuliner Indonesia.

Kamu tertarik mencoba Se’i Sapi langsung dari tanah Nusa Tenggara Timur? Jangan ragu untuk jatuhkan pilihan berliburmu ke NTT ya! Selain banyak tempat wisata alam yang indah dan ramah keluarga, di sini juga kamu gak perlu khawatir dan bingung mau makan apa. Karena NTT juga terkenal dengan serba-serbi kulinernya yang dijamin kamu pasti bakal kangen untuk selalu berkunjung kesana!

 

 

Comments

Leave a Reply