Tips Travelling saat Lebaran, Dijamin Anti Ribet!
tips travelling saat lebaran

Tips Travelling saat Lebaran – Libur Lebaran merupakan magnet paling kuat untuk menyatukan seluruh sanak saudara dari berbagai kota. Berkumpul bersama keluarga di kampung halaman rasanya gak ingin cepat berlalu ya Sobat Indahnesia! Kamu bisa lho memanfaatkan hari-hari libur setelah Idul Fitri untuk quality time bareng keluarga dengan mengunjungi tempat-tempat wisata pilihan!

Tips Travelling saat Libur Lebaran

Travelling bisa menjadi pilihan tepat untuk menghabiskan waktu dengan lebih berkualitas. Mulai dari awal perjalanan hingga sampai di tempat tujuan bisa menjadi momen akrab bersama seluruh keluarga. Berlibur sendirian atau bersama keluarga dengan personil yang lebih banyak tentu saja persiapannya juga berbeda ya! Simak Tips Travelling saat Lebaran ini supaya liburan kamu anti ribet-ribet club!

tips travelling saat lebaran

1. Buat Perencanaan yang Matang

Kita semua pasti ingin liburan yang singkat ini menjadi efektif dan berkesan, bukan? Supaya gak banyak waktu yang terbuang, belajarlah untuk mengorganisir dan merencanakan liburanmu. Saat berlibur bersama keluarga pasti tidak hanya diisi oleh orang dewasa saja, akan ada juga anak kecil yang turut serta. Maka dari itu, kamu bisa membuat panitia liburan keluarga dan jadilah organizer di dalamnya.

2. Persiapkan Kendaraan yang Memadai

Kalau solo travelling mungkin kamu hanya membutuhkan 1 unit kendaraan atau kendaraan umum untuk menjangkau tempat wisata, tapi lain halnya saat kamu membawa keluarga.

Pilih kendaraan dengan kapasitas yang banyak dan tempat yang luas supaya perjalananmu lebih aman dan nyaman. Jika punya kendaraan pribadi pastikan bahan bakar kendaraanmu mencukupi dan kondisi mesinnya optimal yaa! Namun jika tidak memiliki kendaraan pribadi, pilihlah untuk sewa atau rental kendaraan dengan performa yang baik dan kondisi yang prima!

3. Tentukan Tempat Wisata Ramah Keluarga

Jika kamu memimpikan liburan keluarga yang nyaman dan efektif, ada baiknya kamu menghindari tempat wisata yang terlalu ramai. Hal ini bertujuan agar liburanmu tetap berkualitas. Mengunjungi tempat wisata viral atau ramai di saat libur lebaran bukanlah pilihan yang baik. Pilihlah tempat rekreasi yang memungkinkanmu bercengkrama bebas dengan keluarga tanpa perlu sibuk berdesakan dengan orang lain.

4. Pilih Penginapan yang Nyaman

Jika liburanmu memakan waktu berhari-hari, atau kamu bepergian lebih dari satu destinasi, ada baiknya untuk menghindari bermalam di dalam kendaraan ya! Selain membahayakan keselamatan karena pasti akan mengundang perhatian orang asing, beristirahat di dalam kendaraan juga sangat menyakitkan bagi tubuh. Tubuh akan terasa pegal dan tidak prima esok harinya.

Maka dari itu, pilihlah penginapan yang paling dekat dari tempat wisata. Pilih yang sistem keamanannya terjamin, bersih, dan ramah untuk ditinggali keluarga atau anak kecil.

5. Rencanakan untuk Bawa Perbekalan dari Rumah

Tips kali ini cocok untukmu yang ingin liburan tapi tetap hemat sambil masih bisa menikmati kebersamaan yang hangat. Sangat disarankan untuk bawa bekal makanan sendiri dari rumah. Selain saat liburan harga makanan di tempat wisata bisa sangat meroket, membawa perbekalan juga akan membuat kesan yang seru karena bisa menikmati perbekalan secara bersama-sama.

6. Sediakan Selalu P3k

Alat P3K atau Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan seringkali dilupakan. Saat sedang bepergian, kita bisa saja mendapati hal tidak terduga terjadi selama perjalanan. Terlebih saat membawa anak-anak yang aktif sekali bermain, cedera saat asik bermain bisa saja kita jumpai. Beberapa alat P3K yang wajib ada dalam tas diantaranya:

  1. Plester luka atau perban
  2. Obat merah
  3. Alat kompres luka, terlebih jika terjadi pembekakan
  4. Obat-obatan, seperti obat masuk angin, obat anti mabuk, dan obat khusus lainnya

7. Bawa Barang Seperlunya

Ini dia poin terakhir yang paling penting. Jangan bawa banyak barang saat berlibur! Selain akan menyulitkanmu untuk fokus pada keselamatan barang bawaan, membawa banyak barang juga akan membuat kendaraan semakin sempit, kesulitan untuk mobilisasi, dan membuat orang lain serta diri sendiri tidak nyaman jika terjadi dalam jangka waktu yang lama. Bawalah barang yang sekiranya kamu perlukan saja, seperti pakaian ganti secukupnya, power bank, handphone, kamera, dan hindari membawa banyak barang berharga!

Travelling atau liburan ke suatu tempat yang indah dan seru memang sangat dinantikan, terlebih jika dilakukan bersama keluarga! Akan tetapi, jangan sampai liburanmu rusak hanya karena kamu kurang merencanakan dari berbagai aspek saat akan berlibur. Maka dari itu, semoga tips singkat di atas bisa menjadi insight baru untuk memperoleh kesan liburan yang baik, efektif, dan nyaman!

 

 

 

 

 

 

Comments

Leave a Reply