Warung Kopi Legendaris Belitung, “Warkop Afui”

Warung kopi legendaris Belitung? Salah satunya kamu bisa mencicipi seduhan kopi di Warung Kopi Afui.

Terletak tepatnya di Kota Manggar, Bangka Belitung, dikenal juga dengan kota 1001 kopi. Kenikmatan kopi Belitung memang sudah meleganda bahkan mendunia, dijamin deh akan kurang lengkap jika kamu sedang berlibur ke Belitung namun tidak mencicipi kopinya.

Satu hal yang menjadikan warung kopi di kota Manggar ini terkenal karena cara memasaknya yang khas. Bubuk kopi dan ampasnya selalu diseduh berulang kali sehingga memiliki rasa dan wangi yang khas dan dijamin akan membuat kamu merindukan kopi di sini.

Warung Kopi Afui

Warung Kopi Afui adalah salah satu kedai kopi yang melegenda di Belitung Timur. Warung ini sangat sederhana, dengan kayu mendominasi bangunannya. Begitu pun dengan meja dan kursinya semua terbuat dari kayu.

Awalnya warung kopi Afui hanya berupa toko klontong yang berdiri sejak  1969. Namun karena banyaknya orang yang suka duduk-duduk di warungnya, sang pemilik pun memutuskan untuk membuka warung kopi di 1989. Dulu hanya ada sekitar lima warung kopi, namun sekarang kamu bisa menemukan lebih dari 60an warung kopi loh.

Keunikan lainnya dari Warkop Afui yaitu sang pemilik setiap harinya hanya memasok 2kg kopi! Jumlah pesanan kopinya yang bisa dikatakan sedikit ini sengaja karena sang pemilik ingin kopinya selalu segar.

Warkop Afui dan warung kopi lainnya di Manggar ini setiap harinya mulai buka sekitar pukul 13.00 WIB hingga larut malam. Semua warkop di sekitar ini cocok bagi kamu untuk sekedar nongkrong ataupun memuaskan keinginan kamu untuk menikmati kopi Belitung.

Lalu bagaimana dengan harganya? Jangan kaget loh, harga kopi di warung kopi Afui sangat terjangkau. Mulai dari Rp 4.000 saja kamu sudah bisa menikmati seduhan kopi yang dijamin akan membuat kamu ketagihan dan ingin berlama-lama mengobrol dengan teman ataupun orang baru di warung ini.

Bagi kamu pecinta kopi atau ingin mencicipi kuliner legendaris selama di Belitung, maka Warung Kopi Afei ini harus kamu kunjungi. Psttt jangan lupa untuk mendokumentasikannya ya untuk membantu melestarikan tempat meleganda sekaligus menunjukkan kekayaan Indonesia, bukan hanya keindahan alamnya, tetapi juga kulinernya!

Selagi berada di Belitung Timur dan menikmati seduhan kopinya yang melegenda. Tentu saja kamu bisa menikmati keindahan alam mulai dari Kelenteng Dewi Kwam Im yeng terletak di Desa Burong Mandi. Kelenteng Dewi Kwam Im ini merupakan kelenteng tertua dan terbesar karena dibangun pada 300 tahun lalu loh.

Pantai Burong Mandi dengan keindahan pasir putihnya, Pantai Nyiur Melambai yang dilengkapi dengan pasar seni dan tentu saja indahnya perpaduan pasir putih dan birunya air laut. Kamu juga bisa bermain pasir di Pantai Punai sembari menikmati kuliner khas Belitung di sini.

Masih di Belitung Timur ini, kamu juga bisa bermain ke pulau Buku Limau yang dikenal sebagai sentra penghasil ikan asin. Pemandangan di pulau ini pun masih sangat indah dengan terumbu karang yang masih terjaga.

Bagi kamu pecinta buku “Laskar Pelangi” karya Andera Hirata, maka bisa bernostalgia ke replika SD Laskar Pelangi. Bangunan ini merupakan lokasi syuting film “Laskar Pelangi” loh.

Tempat wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi selagi berada di Belitung Timur adalah Situs Makam Raja Balok, Museum Kata (museum ini awalnya adalah rumah masa kecil Andrea Hirata), Kampung Ahoek, dermaga Kirana, Rumah Keong, dan Owun yang juga menjadi kantor Dinas Kebudayaan Belitung Timur.

Bagi kamu yang ingin berpetualang menemukan beragam pantai indah, tempat bersejarah, hingga kuliner seperti warung kopi legendaris Belitung, maka Belitung bisa jadi pilihannya!

Daftar Private Trip Belitung 3 Hari 2 Malam Di Sini

About Author

client-photo-1
indahnesia

Comments

Leave a Reply