Wisata Pulau Komodo dan 11 Hal Yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Berkunjung!

Wisata Pulau Komodo sedang banyak diminati oleh berbagai wisatawan. Taman Nasional Komodo, yang diketahui sebagai satu-satunya habitat reptil yang dilindungi ini menjadi magnet yang mampu menarik banyak wisatawan dari seluruh dunia.

Di bawah ini adalah 11 hal yang wajib kamu ketahui tentang Komodo, atau yang sering juga disebut The Last Living Dragon.

wisata pulau komodo, wisata komodo, open trip komodo, komodo trip, trip komodo, komodo tur, tur komodo, sharing tour komodo, gili lawa, pulau padar, taka makassar, pink beach, loh liang, taman nasional komodo, gili lawa darat, manta point, pulau kanawa, pulau kelor, labuan bajo, open trip, sailing komodo, komodo liveaboard, sailing komodo liveaboard,
11 Hal yang perlu kamu ketahui tentang komodo

 1. Habitat dan Populasi

Menurut para peneliti, diperkirakan lebih dari 3000 ekor komodo yang hidup dan tersebar di pulau-pulau yang ada di Taman Nasional Komodo. Sekitar 1700 ekor hidup di Pulau Komodo, 1300 ekor hidup dan tersebar di Pulau Rinca, sisanya hidup Gili Motang dan Nusa Kode.

2. Ukuran

Komodo jantan bisa tumbuh hingga panjang 3 meter dengan berat hingga 90 kilogram. Sedangkan komodo betina bisa tumbuh hingga panjang 2 meter dengan berat hingga 60 kilogram.

3. Klasifikasi Taksonomi

Menurut Intergated Taxonomic Information System (ITIS), Komodo diklasifikasikan menjadi berikut.

  • Kingdom: Animalia
  • Subkingdom: Bilateria
  • Infrakingdom: Deuterostomia
  • Phylum: Chordata
  • Subphylum: Vertebrata
  • Infraphylum: Gnathostomata
  • Superclass: Tetrapoda
  • Class: Reptilia
  • Order: Squamata
  • Suborder: Autarchoglossa
  • Family: Varanidae
  • Genus & Species: Varanus Komodoensis
wisata pulau komodo, wisata komodo, open trip komodo, komodo trip, trip komodo, komodo tur, tur komodo, sharing tour komodo, gili lawa, pulau padar, taka makassar, pink beach, loh liang, taman nasional komodo, gili lawa darat, manta point, pulau kanawa, pulau kelor, labuan bajo, open trip, sailing komodo, komodo liveaboard, sailing komodo liveaboard,
11 Hal yang perlu kamu ketahui tentang komodo

4. Makanan

Komodo adalah hewan karnivora sekaligus predator yang artinya mereka pemakan daging dan juga memakan anaknya sendiri. Komodo merupakan top predator di dalam rantai makanan yang ada di Pulau Komodo. Komodo sanggup melahap mangsa yang ukuran tubuhnya 3x lebih besar seperti Kerbau, Rusa, Babi Hutan, bahkan manusia.

Cek open trip ke Pulau Komodo dan banyak destinasi lainnya di sini

 5. Hobi

Komodo melewati kesehariannya dengan tidur dan berbaring, ini dipercaya oleh peneliti sebagai hobi. Tapi setelah diteliti lebih lanjut ternyata ini adalah teknik Komodo dalam berburu mangsanya.
Komodo memiliki cara yang unik dalam berburu, mereka tidak seperti pemburu lain yang berlari-lari mengejar mangsa tetapi melakukan kamuflase sebagai akar pohon. Inilah mengapa mereka banyak dijumpai sedang berbaring di bawah pohon, jadi ketika mangsa yang lengah lewat, komodo akan bereaksi dengan menerkam mangsa yang biasanya di bagian kaki.

wisata pulau komodo, wisata komodo, open trip komodo, komodo trip, trip komodo, komodo tur, tur komodo, sharing tour komodo, gili lawa, pulau padar, taka makassar, pink beach, loh liang, taman nasional komodo, gili lawa darat, manta point, pulau kanawa, pulau kelor, labuan bajo, open trip, sailing komodo, komodo liveaboard, sailing komodo liveaboard,
11 Hal yang perlu kamu ketahui tentang komodo

 6. Cara Berkembang Biak

Komodo berkembang biak dengan cara bertelur. Dan yang unik dari komodo adalah bahwa hewan ini memiliki 2 jenis kelamin (Hermaprodit), yakni jantan dan betina. Jadi sejatinya komodo betina tidak membutuhkan pejantan untuk membuahi telur mereka.

Wisata Pulau Komodo – Musim kawin komodo berlangsung antara Juni – Juli. Pada bulan Agustus, komodo betina akan menggali sarang berupa gundukan bekas sarang burung Gosong/burung Maleo untuk menyimpan telurnya yang dapat mencapai 38 butir. Induknya akan menjaga sarang ini sampai 3 bulan pertama guna menghindari predator lain yang mengincar telur.

Uniknya dari skema penetasan telur adalah suhu yang ada di dalam sarang. Semakin hangat suhu sarang maka kemungkinan besar komodo betina yang akan menetas, jadi biasanya telur yang berada di paling bawah adalah para-para betina. Inilah yang menyebabkan perbandingan jantan dan betina di pulau komodo adalah 3 berbanding 1.

 7. Indra Yang Tajam

Komodo memiliki indra penciuman dan penglihatan yang tajam. Hal ini sangat membantu mereka dalam berburu mangsanya. Komodo mampu melihat hingga sejauh 300 meter dan mampu mendeteksi bau bangkai sampai dengan -+9 kilometer hanya dengan menggunakan bantuan lidahnya.

 8. Jago Berlari dan Berenang

Wisata Pulau Komodo – Meski memiliki bobot tubuh yang berat, Komodo mampu berlari hingga 20 kilometer per jam, namun hanya pada jarak yang pendek. Mereka juga merupakan perenang yang baik dan mampu menyelam sedalam 4.5 meter. Meskipun Komodo pandai berenang, kita akan jarang menjumpai mereka di dalam air.

 9. Legenda Putri Naga Komodo

Komodo hidup berdampingan dengan satu desa yang bernama Desa Komodo. Pada zaman dahulu, menurut dongeng masyarakat yang ada di desa ini, hiduplah seorang putri di mana orang memanggilnya Putri Naga Komodo. Putri ini menikah dengan seorang pria yang bernama Majo dan melahirkan sepasang bayi kembar (Seorang manusia dan seekor komodo). Bayi laki-laki diberi nama Si Gerong dan dibesarkan di lingkungan manusia, sedangkan bayi komodo diberi nama Ora dan hidup di dalam hutan.

Tahun-tahun berlalu, suatu Ketika si Gerong berburu rusa di hutan, namun pada saat dia akan mengambil rusa buruannya itu tiba-tiba seekor kadal raksasa menyergap dan memakan binantan hasil buruan si Gerong. Dia lalu mencoba mengusir kadal tersebut, namun sia-sia. Kadal itu tetap berdiri tegak di atas bangkai rusa tersebut dan mengancam si Gerong dengan gigi-gigi tajamnya.

Si Gerong memutuskan untuk memanah kadal raksasa itu, namun tiba-tiba muncul seorang wanita yang bersinar yaitu Putri Naga. Dengan lembut dia memisahkan si Gerong dengan kadal itu dan berkata: “Jangan bunuh binatang ini, dia adalah saudara perempuanmu, namanya Ora. Aku melahirkan kalian berdua.” Sejak saat itu, masyarakat di Pulau Komodo memperlakukan komodo dengan baik. Komodo bebas berkeliaran di dalam hutan dan berburu mangsa.

 10. Usia

Dari mulai menetas, komodo membutuhkan waktu 5 tahun untuk mencapai ukuran 2 meter dan dapat terus hidup hingga usia 30 tahun.

 11. Memiliki Air Liur yang Beracun

Komodo memiliki 50 jenis bakteri di dalam air liurnya. 1 dari 50 bakteri ini diketahui sangat beracun yang selalu digunakan untuk membunuh mangsa-mangsanya. Mangsa yang mempunyai tubuh lebih besar biasanya tidak akan langsung mati. Setelah tergigit mereka akan kabur ke dalam hutan namun komodo akan tetap tahu ke mana mangsanya ini pergi. Setelah kurang lebih 1 minggu mangsa yang tergigit ini akan mati lemas, baru komodo akan mendatangi mangsa ini dan melahapnya.

Baca Juga Komodo, Habitat dan Perkembangan Pariwisata NTT

Trip Labuan Bajo

Trip Labuan bajo – Labuan Bajo adalah salah satu dari 9 Desa yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur tepatnya di Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores. Pulau Flores sendiri terbagi ke dalam 3 Kabupaten yakni kabupaten Manggarai Barat, Tengah dan Timur.

Mayoritas wisatawan yang baru pertama kali datang ke Labuan Bajo, pasti mengincar Pulau Komodo sebagai destinasi utamanya, atau demi mengincar keindahan Pulau padar yang kini menghiasi bagian belakang uang kertas baru kita pecahan Rp. 50.000

Sejak diresmikan pada Hari Rabu, 12 Mei 2012 sebagai The New Seven Wonders of Nature oleh David Webber founder New7Wonders, Taman Nasional Komodo otomatis menjadi magnet bagi seluruh wisatawan asing dari seluruh penjuru dunia. Terlebih lagi sejak ditetapkan sebagai salah satu dari 10 Destinasi Wisata Prioritas oleh Presiden Jokowi kini Trip Labuan Bajo juga dibanjiri oleh wisatawan lokal. Percepatan pembangunan infrastruktur seperti bandara dan pelabuhan serta hotel-hotel sedang digencarkan guna mencapai target 100.000 pengunjung di tahun 2017.

Namun Trip Labuan Bajo sendiri bukan hanya Taman Nasional Komodo saja lho! Ada berbagai macam alternatif tempat wisata yang tidak kalah menarik dan bisa lo kunjungi. Apa saja? mari simak ulasan di bawah ini.

  1. Cunca Wulang

trip labuan bajo, wisata pulau komodo, wisata komodo, open trip komodo, komodo trip, trip komodo, komodo tur, tur komodo, sharing tour komodo, gili lawa, pulau padar, taka makassar, pink beach, loh liang, taman nasional komodo, gili lawa darat, manta point, pulau kanawa, pulau kelor, labuan bajo, open trip, sailing komodo, komodo liveaboard, sailing komodo liveaboard,
Cunca Wulang

Cunca diambil dari bahasa manggarai/flores yang berarti air terjun. Ada banyak sekali cunca di Trip Labuan Bajo yang bisa lo kunjungi, dan Cunca Wulang adalah cunca yang wajib untuk lo masukkan ke list yang harus dikunjungi ketika lo ada di Labuan Bajo.

Bila lo adalah seorang solo traveler, lo bisa berkunjung ke sini menggunakan sepeda motor sewaan. Bila lo datang bersama teman-teman lo, tentunya akan lebih seru datang ke sini menggunakan mobil. Jarak dari Labuan Bajo menuju Cunca Wulang adalah -+ 13 Kilometer atau 45 menit perjalanan.

Pertama, lo harus menuju desa Warsawe terlebih dahulu. Setelah sampai di sini, lo bisa memarkir motor/mobil di tempat pembelian tiket masuk, lalu bersiap-siap untuk trekking menuju air terjun. Jalur trekking saat menuju Cunca Wulang adalah memasuki hutan dan menurun dengan jarak -+ 2 kilometer, jadi sebaiknya siapkan fisik terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berkunjung ke sini.

Semua kelelahan yang lo rasakan saat trekking akan terbayar saat lo sudah hampir sampai dan mulai mendengar gemericik air sungai di kejauhan. Ya, ketika lo sudah mendengar aliran sungai itu tandanya lo sudah dekat!

Satu hal yang wajib lo lakukan di Cunca Wulang adalah melompat dari tebing dengan ketinggian 6 meter! Terlihat seram tapi it’s really worth to try!

  1. Cunca Rami
trip labuan bajo, wisata pulau komodo, wisata komodo, open trip komodo, komodo trip, trip komodo, komodo tur, tur komodo, sharing tour komodo, gili lawa, pulau padar, taka makassar, pink beach, loh liang, taman nasional komodo, gili lawa darat, manta point, pulau kanawa, pulau kelor, labuan bajo, open trip, sailing komodo, komodo liveaboard, sailing komodo liveaboard,
Cunca rami

Trip Labuan Bajo, Cunca yang satu ini juga enggak kalah pamor dengan Cunca Wulang. “Cunca” artinya air terjun dan “Rami” adalah hutan kecil dengan tumbuh-tumbuhan kecil. Jadi Cunca Rami adalah air terjun yang dikelilingi hutan kecil di kiri kanan airnya. Cunca Rami, yang merupakan cunca tertinggi di Manggarai Barat ini terletak di Kecamatan Sano Nggoang, tak jauh dari Werang, Ibu Kota Kecamatan Sano Nggoang.

Jalur untuk menuju Cunca Rami berbeda dengan Cunca Wulang. Untuk menuju Cunca Rami, pertama-tama lo harus menuju Desa Bambor terlebih dahulu sebelum menuju ke Desa Werang, kendaraan roda dua atau empat diparkir di Werang. Dari Werang, lo harus menyusuri jalan setapak yang rimbun oleh pepohonan di kanan kiri sampai bertemu dengan sebuah sungai lalu lo harus menyeberang dan melanjutkan perjalanan sampai dengan bendungan, dari bendungan lo akan menyeberangi satu sungai lagi sampai bertemu dengan area persawahan. Dari persawahan ini lo sudah bisa mendengar suara gemericik air terjun cunca rami yang jatuh dari ketinggian -+ 30 meter.

Kamu bisa melepas penat dengan terpaan dari butiran air terjun yang sampai disekitar persawahan. Lo juga bisa mandi di sungainya. Tapi harap hati-hati karena sungainya cukup dalam. Untuk masuk ke Cunca Rami tidak perlu menggunakan tiket, hanya saja lo sebaiknya menggunakan warga lokal yang bisa menemani lo sebagai tour guide untuk menuju Cunca Rami.

  1. Bukit Cinta
trip labuan bajo, wisata pulau komodo, wisata komodo, open trip komodo, komodo trip, trip komodo, komodo tur, tur komodo, sharing tour komodo, gili lawa, pulau padar, taka makassar, pink beach, loh liang, taman nasional komodo, gili lawa darat, manta point, pulau kanawa, pulau kelor, labuan bajo, open trip, sailing komodo, komodo liveaboard, sailing komodo liveaboard,
Bukit Cinta Labuan Bajo

Trip Labuan Bajo – Bukit Cinta terletak di Labuan Bajo. Sebenarnya bukit ini hanyalah bukit biasa, hanya saja bukit ini memiliki pemandangan yang  sangat luar biasa terutama sunsetnya. Untuk menuju ke sini, lo bisa berjalan kaki dari Labuan Bajo (dengan tekad yang kuat tentunya hehe), atau dengan menggunakan sepeda motor yang bisa lo sewa dengan harga Rp 75.000 per hari di sepanjang jalan pelabuhan. Dari Bukit Cinta lo bisa menikmati pemandangan laut lepas dari arah barat, dan juga aktivitas bandara Komodo dari arah timur.

Perjalanan menuju ke sini -+ 15 menit dari Labuan Bajo. Kamu bisa memarkir motor di sepanjang jalan, lalu treking ke puncak bukit selama kurang lebih 10 menit. Jangan lupa untuk membawa snack juga air minum karena menghabiskan sore di puncak bukit cinta bikin enggak mau pulang! Namun jangan lupa dibawa kembali sampahnya ya!

  1. Gua Batu Cermin
trip labuan bajo, wisata pulau komodo, wisata komodo, open trip komodo, komodo trip, trip komodo, komodo tur, tur komodo, sharing tour komodo, gili lawa, pulau padar, taka makassar, pink beach, loh liang, taman nasional komodo, gili lawa darat, manta point, pulau kanawa, pulau kelor, labuan bajo, open trip, sailing komodo, komodo liveaboard, sailing komodo liveaboard,
Gua Batu Cermin

Gua Batu Cermin terletak di Desa Wae Kesambi, Labuan Bajo. Berjarak kurang lebih 15 menit dari Pusat Kota menggunakan sepeda motor. Biaya masuk menuju Gua ini adalah sebesar Rp 15.000/orang, dan biaya untuk tour guide adalah Rp 50.000 untuk 1 grup 3-4 orang. Theodore Verhoven, seorang arkeolog Belanda yang menemukan gua ini, mengatakan kalau Gua Batu Cermin ini dulunya berada di dasar laut.

Trip Labuan Bajo – Di Gua Batu Cermin lo bisa melihat stalaktit dan stalagmit yang menjulang tinggi. Lo juga bisa melihat banyak fosil kerang dan hewan laut lainnya yang menempel di dinding dan plafon gua, dan yang paling unik di sini adalah terdapat fosil penyu di dalam gua. Hal menarik lain yang bisa lo saksikan di sini adalah ‘cermin’ yang menjadi asal namanya. Dari Fosil penyu, lo harus mesuk lagi ke dalam sampai menemukan celah selebar 3/4 meter. Di bagian atas gua di sekitar celah itu, ada lubang berdiameter sekitar 2 meter yang menjadi celah untuk sinar matahari agar bisa masuk dan akan memantulkan cahaya. Namun fenomena cermin itu tak bisa dilihat setiap saat, hanya di saat tertentu misalnya di musim hujan di mana banyak air memenuhi celah tersebut.

  1. Jembatan Putih (Sunset Point)
trip labuan bajo, wisata pulau komodo, wisata komodo, open trip komodo, komodo trip, trip komodo, komodo tur, tur komodo, sharing tour komodo, gili lawa, pulau padar, taka makassar, pink beach, loh liang, taman nasional komodo, gili lawa darat, manta point, pulau kanawa, pulau kelor, labuan bajo, open trip, sailing komodo, komodo liveaboard, sailing komodo liveaboard,
Jembatan Putih – Labuan Bajo

Trip Labuan Bajo punya spot baru untuk menikmati sunset, yaitu jembatan Putih. Lo bisa mencapai tempat ini cukup dengan berjalan kaki. Dari Wisata kuliner kampung ujung, ambil arah menuju Bajo Bay Bar. Dari Bajo Bay bar ambil jalan ke kiri yang menuju ke pantai lalu ikuti pantai tersebut sampai ke ujung dan lo akan menemukan jembatan ini.

  1. Danau Sano Nggoang
trip labuan bajo, wisata pulau komodo, wisata komodo, open trip komodo, komodo trip, trip komodo, komodo tur, tur komodo, sharing tour komodo, gili lawa, pulau padar, taka makassar, pink beach, loh liang, taman nasional komodo, gili lawa darat, manta point, pulau kanawa, pulau kelor, labuan bajo, open trip, sailing komodo, komodo liveaboard, sailing komodo liveaboard,
Danau Sano Nggoang

Sano Nggoang merupakan danau terbesar di Nusa Tenggara Timur. Danau Sano Nggoang terletak di di kecamatan Sano Nggoang, Dusun Nunang, kabupaten manggarai Barat jaraknya dari pusat kota Labuan Bajo sebagai ibu kota Kabupaten Manggarai Barat adalah sekitar 58 km. Sano Nggoang memiliki arti yang diambil dari Bahasa Manggarai yakni Sano berarti danau dan Nggoang berarti menyala.

Di Trip Labuan Bajo ini lo bisa menikmati hijaunya warna air dari danau yang memiliki luas 513 hektar ini.  Danau unik ini memiliki kadar belerang yang cukup tinggi sehingga tak satupun ikan yang dapat hidup di sini. Danau ini juga mempunyai pemandangan yang indah di sekitar danau. Perjalanan menuju ke sini dari Labuan Bajo adalah -+ 1 jam menggunakan sepeda motor.

  1. Desa Mbeliling/Desa Melo
trip labuan bajo, wisata pulau komodo, wisata komodo, open trip komodo, komodo trip, trip komodo, komodo tur, tur komodo, sharing tour komodo, gili lawa, pulau padar, taka makassar, pink beach, loh liang, taman nasional komodo, gili lawa darat, manta point, pulau kanawa, pulau kelor, labuan bajo, open trip, sailing komodo, komodo liveaboard, sailing komodo liveaboard,
Tari Tetek Alu

Kampung Melo merupakan sebuah kampung adat yang ada di Kecamatan Manggarai Barat, Flores Barat, NTT.  Berada di kaki Gunung Mbeliling, lo akan menikmati panorama yang memiliki keindahan yang khas. Kampung ini terkenal dengan tari khasnya yaitu tari Tetek Alu. Berjarak kurang lebih 1 jam menggunakan sepeda motor, kampung ini akan lo temukan dengan mudah karena akses menuju ke sini sudah mendukung dan juga penunjuk jalan yang tersedia di Trip Labuan Bajo.

8. Gua Rangko

trip labuan bajo, wisata pulau komodo, wisata komodo, open trip komodo, komodo trip, trip komodo, komodo tur, tur komodo, sharing tour komodo, gili lawa, pulau padar, taka makassar, pink beach, loh liang, taman nasional komodo, gili lawa darat, manta point, pulau kanawa, pulau kelor, labuan bajo, open trip, sailing komodo, komodo liveaboard, sailing komodo liveaboard,
Gua Rangko – Labuan Bajo

Gua ini terletak di ujung tanjung Desa Rangko. Dari Trip Labuan Bajo lo bisa menggunakan sepeda motor menuju utara. Selama kurang lebih 1 jam 30 menit perjalan lo akan mencapai desa Rangko. Dari desa ini lo harus melanjutkan perjalanan menggunakan perahu kecil dengan harga sewa 300.000-400.000 per kapal tergantung negosiasi.

Setelah sampai di pesisir pantai, lo harus trekking menaiki bukit untuk menuju bibir gua. Dari bibir gua sudah tersedia tali untuk turun ke gua penuh stalaktit dan stalakmit dengan kolam kecil berisi air asin. Saat terbaik mengunjungi gua-gua lain adalah di tengah hari,  di mana matahari sedang berada di atas kepala dan cahayanya akan masuk dan menyinari kolam yang akan memantulkan warna biru. Ketika gua diterangi sinar matahari secara optimal, maka langit-langitnya yang penuh stalaktit akan terlihat sangat menakjubkan. Kamu bisa berenang di kolamnya dan bergaya mengapung seperti foto kebanyakan!

————————————–

Gimana? Seru kan!

Pokoknya kalau lo balik lagi ke Labuan Bajo, destinasi-destinasi ini ga boleh dilewatin deh karena yang pasti akan membuat lo tambah eksis dengan foto-foto yang instagram-able banget!

Cek juga Sewa Kapal Di Labuan Bajo Itu Gampang Kalau Tahu Ilmunya!


Video Official IndahnesiaID

Apa itu Komodo Trip?

Komodo Trip adalah agen resmi dari Indahnesia Tour Organizer yang khusus menyediakan paket wisata di area Taman Nasional Komodo. Baik itu Sailing trip, Diving, Snorkeling, dan juga treking. Baru-baru ini kami membuka kantor di Labuan Bajo yang beralamatkan di Jl. WS. Papu, Lorong agen pelni Varanus, Kampung ujung Labuan Bajo. Lihat lebih detail pada map di bawah ini.


open trip komodo, komodo trip, trip komodo, komodo tur, tur komodo, sharing tour komodo, gili lawa, pulau padar, taka makassar, pink beach, loh liang, taman nasional komodo, gili lawa darat, manta point, pulau kanawa, pulau kelor, labuan bajo, open trip, sailing komodo, komodo liveaboard, sailing komodo liveaboard,
Komodo Trip Logo

Selain wisata laut, Komodo Trip juga menyediakan paket wisata overland flores ke Desa Waerebo, Kampung Bena, sampai Danau Kelimutu. Nusa Tenggara Timur merupakan provinsi yang memiliki destinasi wisata yang cukup lengkap, ditambah dengan panorama khas timur yang indah, aneka ragam biota laut yang memanjakan mata, berbagai macam sabana yang luas, dan pastinya hewan komodo yang hanya ada di sini dan diakui oleh dunia sebagai warisan dunia. Tak heran bila provinsi ini kini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

open trip komodo, komodo trip, trip komodo, komodo tur, tur komodo, sharing tour komodo, gili lawa, pulau padar, taka makassar, pink beach, loh liang, taman nasional komodo, gili lawa darat, manta point, pulau kanawa, pulau kelor, labuan bajo, open trip, sailing komodo, komodo liveaboard, sailing komodo liveaboard,
Pulau Kanawa

Berikut ini adalah list paket wisata yang bisa kami sediakan sebagai referensi teman-teman apabila ingin berkunjung ke Nusa Tenggara Timur.

Sailing Trip:

  1. Sailing Trip Komodo 3 Hari 2 Malam Backpacker
  2. Sailing Trip Komodo 3 Hari 2 Malam Premium
  3. Sailing Trip Komodo 2 Hari 1 Malam Backpacker
  4. Sailing Trip Komodo 2 Hari 1 Malam Premium
  5. Sailing Trip Komodo 1 Day Backpacker
  6. Sailing Trip Komodo 1 Day VIP
open trip komodo, komodo trip, trip komodo, komodo tur, tur komodo, sharing tour komodo, gili lawa, pulau padar, taka makassar, pink beach, loh liang, taman nasional komodo, gili lawa darat, manta point, pulau kanawa, pulau kelor, labuan bajo, open trip
Hijabers Beraksi di Pulau Padar

Overland Trip:

  1. Waerebo Trip 2 Hari 1 Malam
  2. Waerebo Trip 3 Hari 2 Malam
  3. Overland Flores 6 Hari 5 Malam
  4. Overland Flores 4 Hari 3 Malam

Komodo trip juga bisa membantu teman-teman apabila ingin mendapatkan informasi mengenai penyewaan mobil/motor, charter boat wisata, dan juga info berbagai penginapan dari yang low budget sampai hotel bintang 5. Teman-teman juga bisa berkonsultasi mengenai jadwal liburan, destinasi yang akan dituju dan akomodasi yang ingin digunakan.

open trip komodo, komodo trip, trip komodo, komodo tur, tur komodo, sharing tour komodo, gili lawa, pulau padar, taka makassar, pink beach, loh liang, taman nasional komodo, gili lawa darat, manta point, pulau kanawa, pulau kelor, labuan bajo, open trip, sailing komodo, komodo liveaboard, sailing komodo liveaboard,
KM INDAHNESIA

Jangan ragu untuk menghubungi kami di:

  • Mbak Indah
  • +62 822 7827 8414 (Whatsapp, Call, SMS)
  • Mbak Nesia
  • +62 812 3709 6362 (Whatsapp, Call, SMS)
  • Official Account
  • Email: admin@indahnesia.net
  • Telegram: @indahnesiaID
  • WeChat: @indahnesiaID
  • LINE@: @indahnesia