Kuliner Belitung Tanjung Pandan, Warung Timpo Diluk

Kuliner Belitung Tanjung Pandan, ada banyak sekali kuliner unik di Pulau indah ini. Tanjung Pandan sendiri merypakan kota terbesar sekaligus ibukota Provinsi Bangka Belitung. Kota ini pun dikenal sebagai salah satu kota penghasil timah terbesar di Indonesia.

Keunikan lainnya dari kota Tanjung Pandan yaitu adanya pembauran warga. Kamu akan menemukan banyak bangunan khas Tionghoa dan juga melayu.  Dan sejak kemunculan “Laskar Pelangi” kota ini semakin ramai dikunjungi wisatawan karena terpesona akan keindahan alamnya.

Apa saja yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke kota Tanjung Pandan? Kamu bisa menikmati keindahan pantai, salah satunya Pantai Tanjung Pendam dengan pesir putihnya. Di sini juga kmau bisa melihat kapal-kapal dan Pulau Kalamoa dari kejauhan sembari menunggu turunnya matahari di ufuk barat.

Setelah menikmati keindahan alam kota Tanjung Pandan, waktunya kamu menikmati kulinernya. Salah satu tempat makan yang bisa kamu coba adalah Rumah Makan Belitong Timpo Duluk yang berlokasi di Jl Lettu Mad Daud No. 22, Kampung Parit, Tanjung Pandan.

Rumah makan ini sudah ada sejak tahun 1918 lohh dengan bangunan yang masih tradisional. Bahkan suasana tempo dulu pun semakin kental ketika kamu menginjakkan kaki ke dalamnya. Rumah Makan Belitong Timpo Duluk ini sendiri merupakan sebuah rumah kuno warga Belitung yang dibeli oleh Isyak Meirobie dan diubah menjadi rumah makan.

Ornamen dan benda-benda yang ada di alam rumah makan ini kebanyakan berupa benda yang sering digunakan pada orang Belitung tempo dulu. Mulai dari sepeda ontel, peralatan pertanian hingga perikanan jaman dulu.

Untuk menu makanannya, tentu saja bercita rasa Belitung. Misalnya ayam bakar timpo duluk dan iga bakar yang diramu dengan bumbu rahasaia khas Belitung. Sedangkan untuk makanan ringannya kamu bisa mencicipi otak-otak khas Belitung yang terkenal. Dan untuk minuman kamu bisa memesan kopi susu Belitung ataupun es jeruk Belitung.

Harga makanan dan minuman yang disajikan di Rumah Makan Timpo Duluk ini pun cukup terjangkau. Mulai dari Rp 8.000 hingga Rp 200.000 kamu sudah bisa mencicipi makanan khas Belitung sembari melihat bagaimana Belitung tempo dulu.

Karena rumah makan ini cukup legendaris, tidak heran jika pada hari libur ataupun jam makan siang akan penuh. Namun untuk menunggu meja kosong di Rumah Makan Timpo Duluk ini dijamin ‘worthed’ kok!

Penasaran ingin mencicipi kuliner Belitung Tanjung Pandan dan berfoto di pantainya yang indah? Kamu bisa rencanakan liburan kamu mulai dari sekarang Bersama Indahnesia atau masih ingin mencari wisata Indonesia yang wajib dikunjungi lainnya? Kamu bisa banget berkonsultasi dengan Mbak Indah (+62 822 7827 8414)  atau Mbak Nesia (+62 822 7827 8414).

Table of Contents

Daftar Trip Belitung Di Sini

About Author

client-photo-1
indahnesia

Comments

Leave a Reply